Health

Mengenal Beberapa Suplemen Kehamilan

By  | 

Sejak dinyatakan hamil oleh dokter kandungan, maka seluruh kehidupan Anda akan berubah. Segala hal yang masuk ke dalam tubuh Anda akan menjadi perhatian dari dokter, mulai dari trimester pertama hingga persalinan nantinya. Dan umumnya, sedari awal kehamilan, Anda akan mendapat asupan beberapa suplemen atau vitamin yang akan mendukung pertumbuhan janin di dalam kandungan. Bahkan ada sebagian wanita yang sudah mengonsumsi berbagai vitamin kehamilan ini sejak mereka mempersiapkan kehamilan lho, Mamas. Lalu, suplemen apa saja sih yang sebaiknya Anda konsumsi saat hamil? Beberapa diantaranya adalah :

1. Asam folat. Suplemen asam folat yang direkomendasikan dokter umumnya mengandung 400-600 mcg atau dikenal juga sebagai vitamin B9. Suplemen ini dibutuhkan sejak kehamilan berusia satu bulan yang bermanfaat untuk mencegah cacat tabung saraf pada janin. Secara alami kandungan asam folat terdapat dalam sayuran hijau dan buah-buahan berasa asam seperti lemon dan jeruk.

2. Kalsium. Zat gizi satu ini memang memiliki banyak manfaat untuk kehamilan (Baca : Manfaat Kalsium untuk Anda dan Si Janin), khususnya bagi perkembangan tulang bayi dalam rahim Anda. Biasanya dokter akan memberikan suplemen kalsium 150 mg ditambah anjuran untuk minum susu dan produk olahannya.

3. Zat besi. Salah satu jenis mineral ini biasanya akan diberikan oleh dokter dalam bentuk suplemen berkandungan 27 mg. Manfaatnya adalah mengurangi risiko terjadinya anemia yang rentan dialami calon mama (Baca : Cegah Anemia Saat Hamil, Yuk) dan mengurangi risiko bayi lahir dengan berat badan rendah (BBLR). Asupan zat besi tinggi secara alami bisa Anda peroleh dari daging merah, daging ayam, kacang-kacangan, tahu, sayur berwarna hijau gelap (bayam, kale), sereal, dan oatmeal.

4. Yodium. Merupakan salah satu jenis mineral yang penting dalam perkembangan otak janin. Saat masa hamil, Mamas to be membutuhkan asupan yodium sebanyak 220 mcg per hari. Biasanya suplemen yodium yang diberikan oleh dokter adalah sebesar 150 mcg. (Lenny Delima/Photo : Istockphoto.com)

Shares