Education

Ajarkan Si Kecil Pola Makan Sehat dengan Cara Ini

By  | 

Makan sehat adalah makanan yang dipenuhi dengan nutrisi lengkap untuk tubuh kita yang mengandung karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Tidak perlu diet ketat, yang penting menjaga asupan makanan yang bersih dan bermanfaat bagi tubuh (Baca juga: Seperti Apa Jenis Makanan Sehat?). Nah, bagaimana ya cara mengajarkan Si Kecil kebiasaan baik ini?

1. Konsumsi ragam makanan. Merupakan salah satu cara agar Si Kecil mendapatkan nutrisi yang lengkap. Jadi, sebisa mungkin kenalkan ia dengan beragam jenis makanan, terutama yang mengandung vitamin, lemak sehat, protein, dan mineral. Air putih termasuk di dalamnya ya, Mams!

Dad with daughter at home

2. Apa itu makanan sehat? Jangan pernah lelah untuk menjelaskan manfaat beragam makanan yang mereka konsumsi saat duduk bersama di meja makan. Pastikan mereka tahu bahwa antioksidan dalam buah dan sayur berperan menjaga kesehatan kulitnya, makanan sehat berperan penting dalam pertumbuhan tubuh.

3. Berikan penghargaan atas pilihan makanannya. Daripada sibuk melarang anak mengonsumsi makanan tertentu, lebih baik fokus pada usaha untuk membuat anak menyukai makanan-makanan sehat yang bervariasi.

4. Kenalkan dengan aktivitas memasak. Memasak tidak identik dengan perempuan, kok. Melalui berbagai acara seperti Junior Masterchef akan membangkitkan semangat anak – anak untuk ikut mengenal bahan – bahan dapur dan manfaatnya dengan cara yang lebih menyenangkan.

5. Mindful eating. Menikmati momen makan tanpa berjalan – jalan, dan bersyukur atas nikmat yang didapat adalah langkah utama untuk Si Kecil dapat menikmati makanannya. Jika sudah begitu, Ia akan fokus pada “pelajaran” makanan sehat yang dapat Anda berikan dengan story telling atau cara lain yang fun! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares