Parenting

Yuk, Bantu Si Kecil Wujudkan Resolusi 2019!

By  | 

Happy new year! Tidak hanya kita, para mama yang menyusun resolusi untuk kehidupan yang lebih baik di tahun baru. Yuk, ajak Si Kecil memahami semangat tahun baru dan mewujudkan harapan – harapannya!

Jelaskan pada mereka contoh resolusi yang tekah berhasil Anda capai tahun lalu. Lalu, bantu menyusun detail goals dengan bahasa yang sederhana, misalnya: Melakukan olahraga secara rutin: Berjalan/berlari setiap pagi selama 15 menit. Berikut inspirasi resolusi bagi mereka, Mams:

Kids Reading

1. Read more books! Yuk, mulai ajak Si Kecil meluangkan waktu untuk berkunjung ke perpustakaan & lebih sering membacakan buku untuknya sebelum tidur (Baca juga: Memilih Buku Anak Tepat Sesuai Usia). Memulainya membacakan 1 buku setiap malam akan jadi awal yang baik. Try them!

2. Lebih banyak meluangkan waktu untuk bermain di luar ruang. Anak – anak usia balita hanya boleh terpapar gadget selama 1 jam sehari (Baca juga: Balita Kecanduan Gadget? Lakukan Langkah Ini!). Sediakan aktivitas alternatif untuk mencegah Si Kecil kecanduan game online: Alokasikan waktu rutin saat sore hari untuknya bermain bersama tetangga/teman di taman terdekat. Jangan lupa memberikan faslitas bermain untuknya, ya Mams. Misalnya sepeda atau bola untuk berolahraga.

Child with a basket of organic vegetables

3. Eat less junk food. Langkah ini bisa diawali dengan menyediakan bekal makanan yang sehat buatan sendiri sebagai snack harian mereka saat pergi ke sekolah (Baca juga: A – Z Camilan Sehat yang Baik Untuk Si Kecil). Camilan sehat akan menyediakan energi ekstra untuk beraktivitas dan membantu menjaga energi sampai tiba waktu makan utama.

4. Be kind to others. Sering mengajaknya bermain bersama teman – teman baru akan melatih kebiasaan baik Si Kecil untuk bersosialisasi dengan lebih baik. Ajak Ia ke berbagai pertemuan keluarga untuk menumbuhkan ikatan batin yang kuat dan dapat saling membantu satu sama lain.

5. Belajar hal baru. Selain bakat yang sudah dapat Anda amati sejak kecil, pastikan Anda dan anak – anak mempelajari skill/hal baru yang menyenangkan bersama. Tidak ada salahnya lho, mengikut sertakan mereka dalam kursus menggambar atau gymnastic seminggu sekali! Atau, pilihan kegiatan pertama dapat dilakukan sendiri di rumah (Baca juga: Video Panduan Menggambar untuk Si Kecil). (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockohoto.com)

Shares