Health

Jangan Biarkan Alergi Membatasi Aktivitas Si Kecil

By  | 

Ketika bicara tentang tumbuh kembang Si Kecil, tentu mamas selalu berharap ia dapat selalu sehat dan aktif. Namun bagaimana bila ternyata alergi membatasi aktivitasnya?

Meski sulit, namun terkadang kita terpaksa harus membatasi kegiatan Si Kecil, terutama saat ia sakit atau daya tahan tubuhnya menurun.

Meski aktivitas fisik bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang bagi Si Kecil, tetapi jika dilakukan berlebihan, terutama bagi Si Kecil yang menderita alergi, maka hal itu dapat membahayakan kesehatannya. Oleh karena itu, pilihlah aktivitas yang pas bagi Si Kecil yang alergi, tanpa harus membahayakan kesehatannya.

 

Group of small kids having fun while playing in nature.

 

Lalu apa saja aktivitas yang bisa dilakukan Si Anak Alergi? Simak di bawah ini!

– Membantu Anda mengerjakan aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan rumah.

Contohnya seperti menyapu halaman atau berkebun di halaman rumah. Hal tersebut merupakan contoh aktivitas fisik kecil yang mudah untuk dilakukan Si Kecil bersama mamas. Selain melatihnya untuk lebih bertanggung jawab, aktifitas tersebut bisa membuatnya lebih fit dan fleksibel. Tetap perhatikan kemampuan anak dalam hal ini ya, mams!

– Bermain bersama teman di sekitar rumah. 

Bermain bersama teman seumurannya dapat mendukung tumbuh kembangnya. Beberapa diantaranya adalah melatihnya lebih cepat tanggap, ceria (tidak mudah murung), dan ketika ia alergi karena meningkatkan suasana hati si kecil lebih ceria.

– Bermain di luar ruang.

Aktivitas ini bisa membantu meningkatkan sistem imun Si Kecil dan membantu mengontrol alerginya. Hal ini pun disampaikan oleh dr Caesar Pronocitro, M.sc, Sp.A di sela-sela interactive talkshow and kids activity bersama Nutrilon Royal Soya beberapa waktu lalu di Rockstar Gym Kota Kasablanka. Jadi, mamas tak perlu khawatir jika Si Kecil aktif bermain di luar ruang dan mengeksplorasi lingkunga sekitarnya. Cara ini akan membuat system imun-nya mulai terbentuk dan membuat tubuhnya lebih tahan terhadap segala jenis serangan alergi yang terjadi. Si Kecil pun jadi lebih kuat ,aktif dan ceria.

Selain ketiga aktivitas di atas, jangan lupa untuk memberikan ia nutrisi yang baik bagi untuk Si Kecil, terlebih bagi Si Kecil yang mempunyai masalah alergi. Salah satunya jenis alergi yang kerap dialami Si Kecil adalah alergi terhadap susu sapi.

Untuk mencegahnya, salah satu cara yang bisa mamas lakukan adalah dengan menghindari susu sapi dan produk-produk yang mengandung susu ataupun protein susu sapi. Alternatif lainnya adalah menggunakan susu berbasis protein kedelai atau soya.

 

1

 

Ingin mengetahui lebih jauh dan detail tentang hal ini? Ikuti acara Sharing Moment Smart Mama with Nutrilon Royal Soya di lokasi selanjutnya! Kali ini mamas bisa mengikuti talkshow tentang serba serbi alergi, dan Si Kecil dapat membuat art & craft di Rockstar Gym Mall of Indonesia. Ikuti juga challenge-nya bersama @thesmartmamas dan @nutriclub_Id . (Irfan Hakim/Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares