Health

Mitos dan Fakta Alergi Pada Anak

By  | 

Mamas, banyak sekali mitos dan fakta yang beredar mengenai kasus alergi yang terjadi pada anak, dan ini masih menjadi pembicaraan menarik. Karena itu, penting bagi mamas untuk memahami fakta apa saja yang berkaitan dengan alergi. Jangan hanya mengandalkan informasi yang banyak beredar di sekeliling Anda.

Untuk lebih jelasnya, yuk ketahui apa saja sih yang sebenarnya hanya mitos, dan apa faktanya! Simak penjelasan lengkapnya dari Dr. dr. Nita Ratna Dewanti Sp.A. berikut ini:

– Gejala alergi segera timbul setelah mengonsumsi makanan yang mengandung alergen?

Hal tersebut merupakan ‘FAKTA’, karena pada umumnya gejala alergi timbul segera setelah terpapar dengan alergen. Walau begitu pada beberapa kasus, reaksi alergi dapat muncul lebih lambat, yaitu setelah beberapa jam terpapar.

– Jika anak alergi pada makanan tertentu, maka selamanya ia tidak boleh makan makanan tersebut?

Hal tersebut adalah ‘MITOS’, karena biasanya alergi terhadap makanan tertentu tidak selalu bersifat menetap. Seorang anak yang alergi telur saat bayi, bisa saja tidak alergi telur lagi saat usia SD. Alergi terhadap telur, susu, dan soya umumnya menghilang saat anak berusia 5 tahun, berbeda dengan alergi terhadap kacang tanah dan seafood yang umumnya dapat menetap sampai dewasa.

– Anak yang mengonsumsi susu soya karena alergi protein susu sapi, tumbuh kembangnya tidak sebaik anak yang mengonsumsi susu sapi?

Hal tersebut hanyalah ‘MITOS’, karena sebenarnya formula soya yang beredar di pasaran sudah ditambahkan dengan mineral dan asam amino esensial yang diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil. Hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pertumbuhan tinggi dan berat badan antara anak yang mengonsumsi soya dan susu sapi biasa.

 

nutrilon_royal_soya_3_vanilla_700g
Susu formula Nutrilon Royal Soya ActiDuoBio+ adalah susu soya dengan formulasi lengkap untuk memenuhi kebutuhan Si Kecil yang alergi susu sapi.

Mengandung prebiotic IcFOS yang tinggi guna mendukung ketahanan tubuhnya, Nutrilon Royal Soya ActiDuoBio+ juga mengandung minyak ikan yang tinggi untuk mendukung kemampuan berpikir Si Kecil. Nutrilon Royal Soya ActiDuoBio+ juga tinggi kalsium dan mengandung protein berkualitas dengan asam amino esensial yang lengkap untuk pertumbuhan optimalnya, sehingga kecerdasan dan aktivitas Si Kecil menjadi optimal.

Mamas ingin tahu lebih jauh tentang kelanjutan dari kunjungan Nutrilon Royal Soya bersama expert? Di titik terakhir Nutrilon Royal Soya School to School kali ini, kami akan membahas lebih dalam tentang alergi pada anak dengan narasumber Dr. dr. Nita Ratna Dewanti Sp.A. Sebelumnya, Nutrilon Royal Soya telah berkunjung ke beberapa sekolah dengan membahas kasus yang berbeda.

Lalu bagaimana solusi dari permasalah alergi yang yang dialami Si Kecil? Yuk mams, terus simak Smart Mama School to School with Nutrilon Royal Soya, “Be a Smart Mama: Jangan Biarkan Alergi Susu Sapi Menghalangi Si Kecil”! Sekolah tujuan kami berikutnya adalah di Jakarta World Academy! (Irfan Hakim/Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares