Health

Cara Tepat Mencuci Botol Susu Bayi

By  | 

Tanpa sterilizer, mamas tetap bisa membersihkan botol bayi dari sisa susu yang menempel. Pastikan tidak melewatkan satupun langkahnya, ya!

1. Cuci tangan sebelum mencuci. Terkesan sepele, namun yang sering terlupa, bakteri yang menempel pada tangan dapat berpindah ke botol susu atau sikat pencuci botol.

mom's hands washing baby milk bottle

2. Gunakan sabun khusus pencuci botol susu. Lepaskan seluruh bagian botol dan tuangkan cairan pencuci khusus, sikat bagian dalam dan area gelang tutup botol, sambil tambahkan air untuk memudahkan pencucian, dan bilas dengan air mengalir.

3. Didihkan. Rebus air dalam panci dan tunggu hingga mendidih. Masukkan seluruh bagian botol ke dalamnya dan biarkan selama beberapa saat. Air mendidih akan membantu membunuh kuman – kuman yang bersarang pada botol karena sisa susu.

Nipple teethers and milk bottles in steam sterilizer and dryer.

4. Angkat botol susu dengan menggunakan penjepit dan tiriskan. Langkah terakhir, keringkan dengan menggunakan handuk khusus.

Setelah melakukan 4 proses tadi, simpan botol susu di tempat tertutup untuk mengurangi penyebaran bakteri dari luar.  Virus serta parasit yang terdapat pada botol dapat mengancam berbagai penyakit yang muncul, mulai dari sariawan, muntah -muntah, hingga diare. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com) 

Shares