Health

Lakukan 5 Persiapan Menyusui Ini Sejak Masa Kehamilan

By  | 

As you know, breastfeeding is not that easy. Tapi, bukan berarti mamas tidak bisa mempersiapkannya sejak masa kehamilan. Langkah ini dipercaya dapat membantu kelancaran proses menyusui bayi. 

1. Teknik relaksasi. Pejamkan mata dan carilah posisi terbaik untuk berbaring/ duduk, lalu tarik napas dari hidung secara perlahan. Lakukan 10-12 menit setiap harinya untuk membuat tubuh terasa nyaman. Atau jika mamas menyukai prenatal yoga, lakukan sesuai saran dokter (Baca juga: 3 Studio Yoga untuk Calon Mama di Jakarta).

Woman doing breast care

2. Menjaga kebersihan puting. Para ahli berpendapat bahwa perawatan payudara selama masa kehamilan tidak hanya akan melancarkan produksi ASI, tetapi juga menjaga bentuk payudara tetap baik saat menyusui. Bersihkan area puting dengan menggunakan air hangat.

3. Massage ringan. Lakukan langkah ini untuk memperykuat otot pektoralis di dada, sehingga memadatkan payudara dan merangsang produksi ASI agar lebih baik. Setelah dibersihkan, lakukan pijatan ringan memutar dan kearah atas pada setiap sisi payudara.

Family portrait

4. Persiapkan pasangan. Untuk melancarkan proses menyusui, Anda membutuhkan dukungan dari pasangan dan anggota keluarga yang lain. Ikuti perkembangan komunitas para papa yang dapat memberikan informasi mengenai aksi menyusui melalui Ayah ASI Indonesia, misalnya. Atau berbagi informasi tentang menyusui & mendiskusikannya bersama pasangan.

5. Peduli asupan sehat. Langkah terakhir yang terpenting nih, Mams! Ketahui nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Karena, tahukah Anda, bahwa bayi sudah bisa mencicipi makanan Anda sejak trimester 1 kehamilan? Maka dengan semua nutrisi yang dibutuhkan meliputi DHA, Kalsium, Zat besi, Asam folat, serta vitamin dan mineral, ada baiknya mamas mulai mencukupinya sejak masa kehamilan.

Blackmores Flyer (revisi 4)
Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold

Dengan dosis konsumsi yang disesuaikan untuk mamas to be & kandungan semua vitamin yang dibutuhkan diatas terdapat dalam Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold

Dengan dosis konsumsi yang disesuaikan untuk mamas to be & kandungan semua vitamin yang dibutuhkan diatas terdapat dalam Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas ASI pada bayi, aman sebagai nutrisi pelengkap selama masa kehamilan tanpa menyebabkan konstipasi.

Untuk mamas & mamas to be yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai manfaat & detail produknya, dapat menghadiri acara Sharing Moment Blackmores & Smart Mama Blogger & Influencer Gathering pada Hari Sabtu, 27 October 2018 dengan detail informasi di atas dalam rangka kampanje Bunda PAS. Sampai bertemu, ya! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com, dok. Smart Mama)

 

Shares