Health

Golden Moments Right After Birth

By  | 

Golden Moments adalah masa-masa emas yang tak akan terulang lagi. Karena itu, jangan sampai kita melewatkan moment ini.

Selama masa kehamilan, tiap trimester bisa dikatakan merupakan golden moment. “Misalnya, di awal kehamilan akan terjadi pembentukan organ penting pada janin, saat bayi mulai bergerak, bahkan sampai pada proses persalinan juga ada golden moment-nya,” ujar dr. Ardiansjah Dara, SpOG di sela-sela acara Cordlife Pregnancy Journey beberapa waktu lalu.

PhotoGrid_1538663207886

Setelah persalinan, golden moment mungkin hanya terjadi dalam hitungan 1 jam setelah persalinan, seperti golden moment pengambilan darah tali pusat dan juga inisiasi menyusui dini (IMD).

Bahkan menurut dr. Edi Setiawan Tehuteru, SpA(K), MHA, pada saat IMD bayi bisa mencari sendiri dimana payudara sang mama tanpa harus diarahkan. Dan momen ini pun juga hanya sekali dan tak akan terulang lagi.

PhotoGrid_1538663114751

Begitu pula dengan darah tali pusat. Dokter Meriana Virtin menyampaikan bahwa menyimpan darah tali pusat sangatlah penting. Sel punca yang terkandung di dalam darah tali pusat dapat membantu terapi lebih dari 80 jenis penyakit seperti leukemia dan thalasemia.

“Salah satu klien Cordlife bernama Moinam, menderita thalasemia. Moinam berhasil sembuh setelah menjalani terapi  dengan sel punca dari darah tali pusat milik adiknya yang disimpan di Cordlife,” lanjut dr. Meriana.

IMG-20181003-WA0015

Acara ini merupakan rangkaian edukasi yang Cordlife lakukan sebagai komitmen Cordlife untuk selalu menyertai perjalanan kehamilan para calon mama, hingga saat persalinan dan kelahiran buah hatinya. “Cordlife juga berkomitmen untuk dapat menjadi partner terpercaya bagi para mama dan anak di Indonesia,” jelas Retno Suprihatin selaku Country Director PT Cordlife Persada. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Cordlife, SmartMama.com)

Shares