Mind

5 Books About Happiness

By  | 

Arti kebahagiaan setelah menjadi seorang mama, tentu saja berbeda. Setujukah Mamas bahwa kini, kita lebih menghargai hal – hal kecil yang sederhana, seperti waktu beristirahat dan semakin menghargai ketidaksempurnaan? Smart Mama Reading List berikut ini akan memberikan 5 rekomendasi buku/e book – to redefine happiness.

81AM7ZgkeHL

The Subtle Art of Not Giving a F*CK – Mark Manson

Terkesan keras saat pertama kali Mamas membaca judulnya, tetapi #1 International Bestseller Book ini memberikan perspektif berbeda dalam menjelaskan tentang makna kebahagiaan. Mark menerangkan bahwa manusia seringkali terlalu mengurusi banyak hal (dan menganggapnya sebagai kebutuhan), merasa dirinya istimewa sehingga perlu mendapatkan perlakuan istimewa juga dari orang lain. Maka untuk mencapai kebahagiaan, bersikap bodo amatlah. Latih kemampuan kita untuk dapat melakukan hal ini. Bukan berarti tidak peduli sama sekali, namun mengurangi kadar konsentrasi kita untuk memikirkan banyak hal sehingga tidak menjadi beban tersendiri.

Before-Happiness-Shawn-Achor

Before Happiness – Shawn Anchor

Penulis yang juga merupakan seorang peneliti di Harvard University ini mengajar kelas yang sangat populer di kalangan mahasiswanya, Happiness Class. Menurutnya, kebahagiaan dapat diusahakan. Salah satunya adalah dengan langkah redefining dan berusaha menciptakan mindset positif setiap saat.

“Before we can be happy and successful, we need to create a positive reality that allow us to see the possibility for both.”

images (1)

The Happiness Project – Gretchen Rubin

Sama seperti judulnya, buku ini memberikan penjelasan mengenai pencapaian kebahagiaan melalui sebuah rangkaian project selama 1 tahun yang dilakukan oleh mama dari 2 orang anak sekaligus penulis best seller Gretchen Rubin.

Di dalamnya, mamas akan menemukan contoh target yang ingin dicapai setiap bulannya. Mulai dari boost energy, meningkatkan romantisme, hingga kualitas hubungan pertemanan. Ia mengutarakan konsep kebahagiaan yang sederhana sesimple dapat meraih tujuan dari target tersebut.

9781408873007

Eat Pray Love – Elizabeth Gilbert

Rasanya, buku yang satu ini masih relevan untuk kita baca sampai saat ini ya, Mams. Bercerita tentang kisah/pengalaman pribadi, buku yang filmnya telah menjadi salah satu film terlaris di dunia ini akan menunjukkan betapa kebahagiaan tidaklah bersandar pada hal – hal fisik atau materi. Ia menemukan kedamaian melalui rangkaian latihan meditasi atau langkah memahami diri sendiri, sesederhana menikmati hidup seperti merasakan lezatnya makanan di Italia, dan mengembangkan hubungan yang baik antara diri dengan pasangan atau lingkungan terdekat.

The-Secret-SDL675769895-1-fa804

The Secret – Rhonda Byrne

Daily teachings dalam bentuk poin – poin harian yang menggugah dapat Anda temukan pada buku ini. Rhonda menekankan bahwa kebahagiaan adalah hal yang berkaitan dengan hukum alam. The idea that you attract what you believe. Makna kebahagiaan juga dapat dicapai jika kita menyelaraskan diri dengan alam. Happy reading! (Nathalie Indry/KR/Photo: Various, Istockphoto.com)

Shares