Health

6 Cara Tetap Fit Saat Berpuasa

By  | 

Saat berpuasa, selama kurang lebih 14 jam lamanya, tubuh kita tidak mendapat asupan makanan dan minuman. Namun bukan berarti berpuasa membuat Anda jadi lesu dan tidak berenergi ya, Mams! Lakukan beberapa trik berikut ini agar tetap fit selama menjalani ibadah puasa.

1. Jangan melewatkan sahur

Sama halnya dengan sarapan, sahur adalah bagian terpenting untuk menambah asupan energi selama berpuasa. Karena itu, perhatikan nutrisi yang terkandung dalam menu sahur ya, mamas. Pastikan dalam menu sahur Anda terdapat nutrisi yang seimbang,  yaitu paduan karbohidrat, serat dan juga protein.

Untuk memenuhi kebutuhan akan karbohidrat, mamas dapat mengonsumsi beras merah, gandum, dan oat  yang bisa membuat kenyang lebih lama. Sedangkan untuk serat, kurma, biji-bijian, kentang, sayuran dan buah seperti pepaya dan pisang bisa jadi pilihan. Untuk protein, telur, keju, yoghurt dan daging rendah lemak bisa menambah energi.

 

attractive young woman drinking coffee at home

 

2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Minumlah setidaknya 8-12 gelas air putih sehari. Anda bisa memenuhi cairan tersebut saat berbuka puasa hingga saat sahur agar membantu tubuh tetap terhidrasi. Caranya, Mamas bisa minum air putih 3 gelas di waktu sahur, 3 gelas saat berbuka, dan minimal 2 gelas air putih di malam hari sebelum tidur.

3. Makan secukupnya

Hindari menyantap hidangan berbuka secara berlebihan ya, Mams! Langsung mengonsumsi makanan dalam porsi besar saat berbuka akan membuat perut Anda kembung dan begah. Karena itu, berbuka puasalah dengan makan secukupnya dan bertahap. Awali dengan makanan ringan seperti salad buah,  kurma, atau kolak. Setelah beberapa jam lanjutkan dengan makan besar.

4. Mengurangi asupan manis dan berminyak

Makanan atau minuman manis memang baik dikonsumsi saat berbuka puasa karena dapat menormalkan gula darah. Hanya saja, tetap perhatikan porsinya ya, Mams! Karena minuman dan makanan manis yang kita konsumsi selama bulan Ramadan jutru dapat meningkatkan berat badan. Tak hanya itu, makanan berminyak seperti gorengan juga berperan besar dalam meningkatkan kolestrol dalam tubuh Anda.

 

Stretch for success

 

5. Berolahraga

Jangan jadikan puasa sebagai penghalang untuk berolahraga. Tetap lakukan olahraga dengan intesitas ringan seperti jalan kaki, bersepeda, jogging ataupun olahraga lain yang sesuai dengan kondisi tubuh Mamas.

6. Istirahat cukup

Di bulan puasa ini, mungkin mamas akan mudah mengantuk. Namun bukan karena puasa, penyebab Anda mengantuk ini sebenarnya dikarenakan tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Kurang tidur akan memengaruhi kinerja otak sehingga dapat menghambat aktivitas Anda. Karena itu, tidurlah lebih awal di malam hari agar waktu istirahat mamas tetap tercukupi.  (Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com)

Shares