Health

Serba-Serbi Susu UHT

By  | 

Sebagai salah satu sumber pangan kaya gizi, susu memiliki peranan penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga, khususnya anak-anak dalam masa pertumbuhan. Namun sayangnya, menurut USDA Foreign Agricultural Service tahun 2016, konsumsi susu di Indonesia masih tergolong rendah, yakni 12,1 liter/kapita/tahun, dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya lho, Ma.

Padahal, susu memiliki beragam nutrisi dan mineral seperti protein, karbohidrat, kalsium, serta vitamin dan mineral lainnya, yang turut mendukung tumbuh kembang Si Kecil. Tak hanya mendukung tumbuh kembang anak, namun susu juga baik bagi kesehatan tulang dan jantungnya.

Walaupun telah melewati masa ASI eksklusif, bukan berarti kemudian Si Kecil jadi tak mengonsumsi susu lagi. Untuk memenuhi kebutuhan gizi yang satu ini, salah satu susu yang bisa jadi pilihan untuk Si 1 tahun adalah susu UHT.

Susu UHT dan Kelebihannya

Sama seperti susu lainnya, susu UHT mengandung beragam nutrisi dan mineral yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Susu UHT (Ultra-high Temperature)  adalah susu dalam kemasan kotak siap minum yang diolah dengan proses sterilisasi HTST (High Temperature Short Time), dimana susu dipanaskan pada suhu 135-145°C selama 2 – 4 detik guna membunuh mikroorganisme (baik bakteri pembusuk maupun patogen) dan spora.

Kendati melewati proses pemanasan, Mamas tak perlu khawatir akan nutrisi yang hilang, karena singkatnya waktu pemanasan tersebut memastikan minimnya nilai nutrisi yang hilang, dan tentunya kesegarannya tetap terjaga. Tak hanya itu saja, proses pemanasan dan pengemasannya juga dapat membuat susu lebih tahan lama.

 

Milk fields and cows

 

Inovasi dan Teknologi Pemrosesan Susu UHT 

Susu UHT diproses secara tertutup, menggunakan teknologi UHT dan pengemasan Aseptik dari Tetra Pak®, yang menjamin keamanan produk, mulai dari proses pengolahan bahan baku susu hingga pengemasannya.

Tetra Pak® merupakan perusahaan global terkemuka dengan lebih dari 60 tahun pengalaman yang bergerak di bidang pemrosesan dan pengemasan makanan dan minuman. Solusi end to end Tetra Pak® terintegrasi dengan pengolahan, pengemasan, automasi dan jasa teknis.

Tetra Pak® Indonesia menyadari pentingnya bagi keluarga untuk dapat mengetahui manfaat susu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga, khususnya bagi buah hati mereka, serta produk susu yang cocok bagi gaya hidup masa kini, salah satunya adalah susu Ultra-High Temperature (UHT). Kombinasi pengolahan dan pengemasan Aseptik ini juga dapat mengurangi limbah, meningkatkan biaya distribusi, dan mengubah produk menjadi siap konsumsi sehingga dapat menjangkau konsumen di lokasi-lokasi yang sulit dijangkau.

“Teknologi Aseptik dari Tetra Pak® merupakan teknologi pengemasan dengan menggunakan 6 lapisan perlindungan yang didesain untuk tahan dan tidak tembus dari cahaya, udara, kelembaban, dan bakteri. Keenam lapisan ini terdiri dari lapisan polyethylene plastic, allumunium foil, dan kertas. Dengan begitu, kandungan susu didalam kemasan Aseptik ini tetap terjaga dari elemen yang dapat mengurangi nilai gizinya, menjaga warna, tekstur, dan rasa natural susu tanpa membutuhkan bahan pengawet atau pendinginan,” jelas Gabrielle Angriani – Communications Manager Tetra Pak Indonesia.

“Inovasi ini juga memungkinkan konsumen memperoleh susu UHT yang kaya nutrisi dan tersedia dalam berbagai jenis rasa serta variasi kemasan sesuai selera dan kebutuhan anak,” lanjut Gabrielle tentang kemasan dan varian rasa.

Kelebihan lain dari susu UHT adalah kemudahan dalam mengonsumsinya. Selain dapat langsung diminum tanpa perlu melalui tahapan takaran saji, mencampur dan mengaduk seperti pada susu bubuk, susu UHT juga praktis karena bisa dibawa kemana saja.

Selain kemasannya yang praktis, susu UHT juga memiliki beragam rasa yang nikmat. Cokelat, stroberi, pisang, melon, dan varian rasa lainnya, tentunya sangat menarik minta Si Kecil untuk meminumnya. (Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com, Tetra Pak)

Shares