Health

Kondisi Mata Newborn yang Perlu Mama Ketahui

By  | 

Banyak hal yang perlu Mama ketahui tentang Si Newborn. Ketika lahir, tentunya kesehatan dan kemampuan organ tubuh bayi akan diperiksa oleh dokter atau bidan, apakah sesuai dengan yang seharusnya.  Termasuk salah satunya adalah mata, yang merupakan organ penglihatannya.

Kendati menurut dokter kondisi mata Si Kecil sehat, namun ada beberapa kondisi yang sebaiknya Mama ketahui tentang matanya. Dengan begitu, Mama dapat menepis beberapa hal yang sebelumnya mengkhawatirkan Anda.

1. Mata sembab 

Ketika lahir, sebagian bayi tidak bisa langsung membuka matanya. Hal ini disebabkan karena adanya tekanan saat ia melewati jalan lahir, yang kemudian membuat matanya membesar, bengkak, dan sembab hingga ia kesulitan membuka matanya. Namun tak perlu khawatir, mata bengkak tersebut hanya sementara.

2. Mata merah

Di minggu pertama kehidupannya, mata bayi terkadang juga akan terlihat kemerahan. Kondisi seperti ini terjadi karena adanya pembuluh darah kecil di mata bayi yang pecah dan meninggalkan garis merah di bagian putih mata atau di sekitar iris matanya. Lagi-lagi Mama tak perlu khawatir karena kondisi ini umum terjadi pada bayi baru lahir dan berangsur hilang dalam 2-3 minggu.

Mother holding her baby boy

3. Daya Penglihatan

Meskipun baru lahir, namun bayi sudah bisa melihat walaupun jarak penglihatannya baru sejauh 20 cm saja. Obyek yang terlalu jauh atau terlalu dekat tak dapat dilihatnya dengan jelas.

4. Mata belekan

Mata berair, kotor dan bahkan lengket karena belek juga termasuk hal yang lazim dialami bayi baru lahir. Kondisi ini disebabkan oleh lambatnya perkembangan dan pembukaan saluran air mata bayi. Mama bisa membersihkan mata bayi dengan menggunakan lap bersih atau kapas yang telah dibasahi air bersih, dari sudut dalam ke sudut luar. Cara lainnya, usap perlahan bagian dalam masing-masing mata ke arah hidung. Lakukan beberapa kali dalam sehari.

5. Tak keluar air mata

Air mata bayi baru mulai diproduksi ketika usianya memasuki 1 – 3 bulan. Sehingga Mama tak perlu heran ketika melihat bayi tak mengeluarkan air matanya saat menangis. (Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com)

Shares