Health

Kenali Bakteri Salmonella Saat Hamil

By  | 

Tahukah Mamas to be, Salmonella adalah infeksi bakteri yang menyakitkan dan rentan terjadi selama kehamilan. Hal ini dapat menyebabkan diare, demam, dan kram di perut, dan kadang-kadang terbukti berbahaya.

Mengonsumsi makanan mentah atau yang tidak dimasak dengan benar bisa meningkatkan risiko infeksi akibat bakteri, salah satunya salmonella.

Salmonella, juga disebut dalam istilah medis sebagai Salmonellosis, adalah jenis keracunan makanan yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri menyebabkan infeksi pada saluran pencernaan. Dalam kebanyakan kasus, salmonella yang sudah hadir dalam usus Anda dan biasanya keluar bersama dengan kotoran.

Anda jangan panik tentang infeksi bakteri ini, karena Anda dapat menghindari dengan menjaga pola makan dan menjaga lingkungan Anda bersih.

Penyebab bakteri Salmonella pada ibu hamil

1. Kontak dengan hewan yang terinfeksi. Beberapa hewan yang paling umum yang diketahui terinfeksi salmonella adalah; unggas (ayam, angsa, bebek dan sejenisnya), dan reptil (kura-kura, ular, kadal dan sejenisnya).
2. Terinfeksi Dari Makanan. Sebaiknya hindari daging mentah atau setengah matang.
Makan telur mentah atau setengah matang  dapat menyebabkan keracunan salmonella. Hindari susu yang tidak dipasteurisasi, produk susu, dan jus.

Berikut, beberapa gejala Anda terkena bakteri Salmonella

Diare
Nyeri pada otot-otot
Nyeri di perut
Mual atau muntah
Demam dan menggigil
Sakit kepala
Dehidrasi
Darah atau bercak dalam tinja

 

Tip Atasi Keracunan Makanan :

1. Antibiotik

Jika Anda merasa  menderita kasus ini, segera ke dokter kandungan untuk diberikan antibiotic yang aman untuk ibu hamil. yang berarti bahwa bakteri telah menyebar ke aliran darah Anda, Anda mungkin harus memulai antibiotik.

2. Mengganti Cairan  Akibat Dehidrasi

Salah satu gejala dari keracunan salmonella adalah dehidrasi. Jika Anda memiliki dehidrasi berat, baik dari diare atau sebaliknya, dokter akan mengambil tindakan untuk diberikan infus untuk menganti cairan yang hilang.

 

3. Pilih Makanan yang  Bersih

Sebelum Anda memotong makanan atau memasak, sebaiknya mencuci dengan bersih secara menyeluruh. Karena hal ini dapat menyebabkan kontaminasi silang dan meningkatkan kesempatan Anda tertular keracunan salmonella. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares