Education

Smart Mama Story: Manfaat Membacakan Si Kecil Dongeng

By  | 

Salah satu bonding moment yang paling mungkin untuk dilakukan setiap hari bersama Si Kecil adalah meluangkan waktu untuk membaca cerita dongeng. 74% dari 700 mamas mengaku selalu menyempatkan waktu untuk melakukan hal ini dalam sebuah survei online melalui akun Instagram @thesmartmamas. Bagaimana dengan Anda?

Hasil polling dongeng

“Menurut saya manfaat mendongeng itu banyak sekali, ya.. Salah satunya membantu membangun ketrampilan berkomunikasi & berbahasa. Selain itu, aktivitas ini juga sekaligus sebagai bonding moment untuk kami berdua,” – Widiyanaasri. 

I love doing this! Banyak sekali manfaat mendongeng, mulai dari membantu mengembangkan daya imajinasi, melatih Si Kecil untuk berbicara dengan benar, serta belajar tentang perilaku dan sikap yang diambil dari value dongeng tersebut,” – Nika Asri. 

Books can transport us to the most magical places

Selain itu, cerita fabel dan contoh dalam kehidupan sehari – hari seringkali menjadi cerita favorit yang dibacakan Mama kepada Si Kecil, “Anak – anak lebih mudah memahami value atau nilai – nilai positif yang disampaikan melalui contoh. Misalnya anak yang senang membantu mamanya atau menolong orang lain.” – Febri Nisya. 

“Dari pengalaman, mendongeng memberikan banyak maanfaat termasuk melatih anak memahami banyak kosakata. Dua anak saya tergolong cepat bicara. Si Sulung yang usianya 3 tahun sekarang sudah mampu mengungkapkan apa yang dirasakan & tergolong kritis menanggapi sesuatu. Seperti ‘Mama kok pakai baju kayak Princess? Mau Kerja?” – Ardianti Raissa. 

Selain melalui buku, Mamas juga bisa memanfaatkan konten dongeng yang disediakan melalui YouTube Channel. Telah dilengkapi dengan ilustrasi sederhana untuk menggambarkan adengan demi adegan cerita. Ada beragam cerita menarik yang bisa dieksplor, lho..  Yuk, manfaatkan bonding moment setiap hari bersama Si Kecil melalui aktivitas mendongeng! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares