Pleasure

Belajar Sambil Bersenang-senang Bersama Teddies

By  | 

Tak hanya sebagai kegiatan yang menghibur, namun menonton televisi juga memiliki manfaat lain yang dapat mendukung perkembangan Si Kecil. Selain mempererat bonding, menurut Leifer dkk (dalam Elizabeth Hurlock, 1980), “Televisi tidak hanya hiburan bagi anak-anak, namun juga merupakan sarana sosialisasi yang penting.” Hal ini dapat terjadi saat Mama menemani Si Kecil menonton televisi. Interaksi dan komunikasi yang terjalin saat menonton televisi,  dapat membantu meningkatkan kemampuan sosialnya.

Tak hanya itu, penelitian yang dilakukan oleh  Eric Rasmussen dan Justin Keene dari Universitas Media & Komunikasi, menemukan adanya perubahan fisiologis pada anak-anak saat orang tua menemani anak menonton TV. “Jika orangtua menonton televisi dengan anak-anak mereka, mereka akan belajar banyak hal, entah tentang persahabatan, petualangan, bahasa, dan lainnya,” terang Eric Rasmussen seperti dikutip dari Parents.com.

Dom

Dom

Namun tentunya, tayangan yang dipilih haruslah yang sesuai dengan usia anak dan memiliki nilai moral yang dapat mengedukasi Si Kecil ya, Mams! Seperti misalnya, tayangan boneka yang terdiri dari karakter hewan berbulu yang lucu. Tayangan ini diketahui dapat meningkatkan daya tangkap anak melalui gambar visual dan juga musik atau nyanyian. Pemilihan jalan cerita yang mudah dipahami oleh anak juga akan meningkatkan kreativitas dan daya imajinatif pada anak. Ini bisa diketahui saat anak-anak melihat dan mengidolakan salah satu tokoh boneka yang mereka sukai, mereka cenderung akan menggambar atau membuat prakarya sehingga membentuk karakter yang mereka sukai tersebut. Warna dan bentuk dari setiap tokoh karakter dapat mempengaruhi perkembangan otak kanan anak-anak.

Meeks

Meeks

Teori ini didukung oleh studi yang hasilnya diterbitkan dalam jurnal resmi The American Academy of Pediatrics. Dalam jurnal yang berjudul “Dampak Berbagai Jenis Tayangan Televisi Mengenai Fungsi Eksekutif Anak”, menyatakan bahwa  pertunjukan boneka tidak berbahaya bagi kemampuan otak anak untuk berpikir dan fokus. Namun tentunya pertunjukan boneka ini memiliki alur cerita seperti kehidupan manusia sehari-hari yang bisa menumbuhkan perkembangan kognitif dan sosial anak.

Tizzy

Tizzy

Untuk menambah kesenangan, keseruan dan proses belajar, Mamas bisa lho, mengajak Si Kecil menonton tayangan Teddies. Teddies merupakan pertunjukan boneka terbaru ZooMoo, salah satu channel anak dari TV berlangganan First Media. Tokoh boneka Teddies terdiri dari Dom, Meeks, Tizzy dan Sparky. Mereka adalah hewan-hewan periang yang tinggal dan bermain di Teddy Town. Mereka saling bertemu setiap hari dan berteman dekat seperti saudara. Setiap tokoh memiliki karakter yang berbeda. Sama hal nya seperti anak-anak, mereka belajar bagaimana rasanya tumbuh besar, berteman, bersikap baik kepada orang lain, membantu, membuat kesalahan, menghormati dan menghargai orang lain. Bahkan terkadang jika keadaan sulit, mereka akan saling membantu, karena itulah gunanya
teman.

Sparky

Sparky

Jadi, yuk kita ajak Si Kecil menonton Teddies bersama-sama, Mams! Teddies hadir di ZooMoo setiap hari Sabtu, pkl 13.00 Wib. ZooMoo bisa diakses melalui kanal 372 (HD) First Media. Untuk informasi lebih lanjut, ikuti Zoomoo melalui akun Facebook di https://www.facebook.com/zoomooasia/, dan akun @ZooMooAsia di Instagram. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. First Media)

Shares