Health

Ini 5 Manfaat Berpelukan dengan Si Kecil

By  | 

Faktanya, bayi memerlukan 5 hingga 6 kali pelukan dalam sehari untuk bertahan hidup. Yes, Mamas. Memeluk Si Kecil ternyata memiliki banyak manfaat bagi mereka, lho!

So, yes. Hug your kids. 

Berikut 5 manfaat sesi berpelukan dengan Si Kecil:

1. Mengurangi kecemasan. Dengan berpelukan, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang berperan untuk mengurangi ketengangan otot syaraf dan tekanan darah, sekalipun pada anak – anak.

I waited all day for these hugs!

2. Tumbuh menjadi sosok penyayang. Pelukan merupakan bentuk ungkapan kasih sayang. Dengan memeluk, kita akan melepaskan energi positif sekaligus menanamkan konsep empati kepada Si Kecil.

3. Memperkuat kekebalan tubuh. Hormon oksitosin yang sekaligus dilepaskan ke dalam aliran darah saat sesi berpelukan akan membantu menyeimbangkan sistem syaraf dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, faktor imunitas tubuh juga berkaitan dengan kekuatan emosi, sehingga pelukan dipercaya mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit.

Berpelukan selama 20 detik secara rutin setiap hari dapat membantu Si Kecil tumbuh cerdas, sehat, dan bahagia.

Cute boy kissing mother on the cheek

4. Membuat anak lebih pintar? Pelukan memiliki peran untuk menstimulasi perkembangan syaraf pada otak. Dan hal ini sangat penting untuk kesehatan fisik, mental, emosi, sekaligus memaksimalkan cara kerjanya.

5. Meningkatkan rasa aman & percaya diri. Pelukan membuat anak – anak merasa dicintai & aman, sehingga rasa percaya dirinya meningkat.

Yuk, maksimalkan sesi berpelukan dengan Si Kecil, karena pada rentang usia 0 – 2 tahun, sosok yang dikenali bayi hanyalah sang mama. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares