Health

8 Makanan untuk Hilangkan Stres Anda

By  | 

Ngemil adalah salah satu cara menghilangkan stres yang paling ampuh. Makanya, tak sedikit orang yang memilih untuk melipir kumpul-kumpul di restoran fastfood atau ngopi sambil ngemil di coffee shop setelah seharian stres di kantor. Lalu, makanan apa yang sebaiknya Anda konsumsi, Mams? 

 

1. Ikan. Bukan rahasia umum bila ikan adalah makanan yang baik untuk kesehatan dan kepintaran otak manusia. Selain itu, ternyata ikan juga dapat membantu mengurangi dan menghilangkan stres. Menurut buku The Anxiety Bookdari Jonathan Davidson and Henry Dreher, Omega-3 yang terkandung di dalam ikan tidak hanya membantu perkembangan otak tapi juga menenangkan otak dari hal-hal yang membuat stres. Karenanya, mengonsumsi sushi dan tuna salad bisa jadi menu pilihan makan siang Anda!

2. Teh Hijau. Jika stres menyerang, pilihlah untuk meminum teh hijau dibanding soft drink apalagi minuman yang mengandung alkohol. Banyak sekali kandungan di dalam teh hijau yang sangat baik untuk kesehatan seperti catechin yang dapat mencegah radikal bebas dan menyehatkan mata.

3. Brokoli. Menyantap sop brokoli sehabis meeting ternyata dapat meredakan stres. Alasannya sederhana, menurut seorang ahli gizi asal India yang bernama Maithili Kelkar,brokoli adalah sayuran yang banyak mengandung antioksidan sehingga dapat mengurangi stres. Selain itu ,Vitamin B, terutama Folic Acid yang terkandung di dalamnya juga terbukti tidak hanya dapat meredakan stres, tapi juga sindrom panik, gelisah, hingga depresi.

4. Susu. Siapa bilang khasiat susu hanya cocok bagi anak kecil? Meskipun kita sudah dewasa, mengonsumsi susu niscaya bisa mengurangi stres yang hinggap. Hal ini sendiri didasari oleh penelitian Mary Dallman, PhD, profesor fisiologi di University of California, San Fransisco, yang menghasilkan kesimpulan bahwa kandungan kalsium sangat baik untuk menenangkan hati karena dapat mengurangi ketegangan otot dan menenangkan saraf. Namun, mengingat usia sudah tidak lagi muda, pilihlah susu jenis low-fat agar lemaknya tidak menumpuk di dalam tubuh.

5. Bluberry. Memenuhi pancake Anda dengan topping blueberry adalah langkah yang tepat. Selain baik untuk diet karena rendah kalori, keluarga buah berry ini salah satu stress-soother lho. Menurut data dari Nurses’ Health Study, buah yang banyak tumbuh di Amerika Serikat ini memiliki antioksidan dan flavonoid yang dapat mencegah penuaan otak yang disebabkan oleh stres berat. Namun, jika Anda kesulitan mencari buah ini, menggantinya dengan buah strawberry bisa jadi pilihan.

6. Ice Cream. Ice cream memang stress relieve yang paling manjur, Bright Friends! Jika kepala panas karena terlalu banyak berpikir, dinginnya ice cream dinilai mampu mendinginkannya. Hal tersebut disetujui oleh para peneliti dari University of Califronia. Susu dan krim yang banyak terkandung dalam ice cream diyakini memiliki banyak asam amino tryptophan yang dapat menenangkan otak kita. Namun, (lagi-lagi) pilihan ice cream berjenis low fat adalah solusi terbaik agar lemak di tubuh tidak bertambah.

 7. Dark Chocolate. Apakah Anda termasuk orang yang tidak suka mengonsumsi cokelat karena takut gemuk? Jika iya, mungkin kini saatnya menghilangkan stereotype tersebut dan cobalah mengonsumsi dark chocolate saat stres datang. Menurut penelitian yang dilakukan ACS’ Journal of Proteome Research, memakan 1 ons dark chocolate sehari selama 2 minggu dapat meredakan stres Anda. Hal ini karena kandungan polyphenol yang terdapat di dalamnya. Karenanya, jika weekend ini kadar stres Anda meningkat, sepertinya mengonsumsi lelehan dark chocolate dengan buah strawberry bisa jadi solusi.

8. Gandum. Coba gantilah sarapan pagi Anda dengan menu all about whole grain. Hal tersebut disarankan oleh Elisa Zied, penulis buku Nutrition at Your Fingertips, yang menemukan fakta bahwa kandungan vitamin B pada gandum dapat menstimulasi produksi hormon serotonin sehingga bisa menenangkan otak. Makanan satu ini sendiri termasuk dalam kategori low-fat, yang tentunya tidak akan menambah lemak dan gula di tubuh. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares