Health

Panduan Isi Piring Gizi Seimbang Anak 4 – 6 Tahun

By  | 

Data Global Nutrition Report 2016 menunjukkan bahwa Indonesia termasuk di dalam 5 besar negara dengan masalah kekurangan gizi kronis dengan tingkat 36,4%. Panduan isi piring gizi seimbang berikut akan membantu Mamas untuk mencukupi kebutuhan nutrisi Si Kecil.

Ditemui dalam acara peluncuran “Pedoman Makan & Minum Sekali Saji untuk Gerakan Isi Piring Anak Sehat untuk Anak 4 – 6 Tahun” di Jakarta, Jumat (24/11/2017), Vera Galuh Sugijanto,  Vice President General Secretary Danone Indonesia mengungkapkan bentuk kerjasama yang dibangun dengan pihak FEMA Institut Pertanian Bogor, “Buku panduan yang kami buat bersama adalah bentuk dukungan nyata terhadap kampanye “Isi Piringku” yang digagas pemerintah.  Kami berharap melalui buku pedoman panduan makan dan minum saji untuk isi piring anak sehat, dapat mendorong ibu untuk lebih mengerti bagaimana pemenuhan asupan gizi yang diperlukan bagi anaknya.” (Baca juga: Pentingnya Gizi Seimbang untuk Si Kecil).

Ki-Ka: dr. Rien Yuniantari  Pokja IV TP PKK Pusat, Vera Galuh Sugijanto  Vice President General Secretary Danone Indonesia, Fery Farhati Ganis  Ketua TP PKK DKI Jakarta, Sigit Priohutomo  Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan, Arif Satria – Dekan FEMA IPB (Rektor Terpilih IPB), dalam acara peluncuran Pedoman Makan & Minum Sekali Saji untuk Gerakan Isi Piring Anak Sehat.

Ki-Ka: dr. Rien Yuniantari Pokja IV TP PKK Pusat, Vera Galuh Sugijanto Vice President General Secretary Danone Indonesia, Fery Farhati Ganis Ketua TP PKK DKI Jakarta, Sigit Priohutomo Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan, Arif Satria – Dekan FEMA IPB (Rektor Terpilih IPB), dalam acara peluncuran Pedoman Makan & Minum Sekali Saji untuk Gerakan Isi Piring Anak Sehat.

Program ini akan turut mengedukasi Guru dari 100 PAUD terpilih yang tersebar di 12 kabupaten dan kota, yaitu DKI Jakarta, Kabupaten Pulau Seribu, Tangerang Selatan, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Subang, Kabupaten Klaten, Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulonprogro, Kabupaten Pasuruan,  Mojokerto dan Kabupaten Kupang.  

“Pengenalan asupan gizi seimbang pada anak harus dimulai sejak dini, maka pelatihan bagi para guru PAUD ini diharapkan dapat menyampaikan pesan kunci “Isi Piringku” dengan mudah dan dapat dipahami serta dapat diintegrasikan ke dalam rencana pembelajaran siswa,” ungkap Danang, Sekjen Komnas Perlindungan Anak dan Ketua PAUD Institute.

Happy Family in the Kitchen

Berikut informasi asupan makanan bergizi bagi anak usia 4 – 6 tahun dalam isi piring makan dengan gizi seimbang:

1. Kombinasi 50 % buah dan sayur (pisang, bayam, wortel, alpukat, dll) serta 50 % karbohidrat dan protein (nasi, daging, tempe, roti, dll).

2. Komposisi di atas dengan pembagian sepertiga lauk dan dua pertiga karbohidrat.

3. Konsumsi gula maksimal 4 sendok makan per hari,1 sendok teh garam, dan lemak atau penggunaan minyak goreng maksimal lima sendok makan. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto, dok. Danone)

Shares