Recipe

Resep : Klappertaart Kaya Rasa

By  | 

Pernahkah Anda mencicipi kuliner bernama klapertart? Jika Anda pernah berkunjung ke Manado, sudah pasti Anda mengenal kuliner satu ini mengingat ibukota Sulawesi Utara tersebut merupakan pusatnya klapertart di Indonesia.

Klapertart merupakan salah satu kue khas Manado yang terinspirasi dari berbagai kue khas Belanda. Makanan ini mulai muncul di Indonesia pada jaman kolonial. Bagi orang Belanda, kue ini disebut sebagai “klappertaart”, namun orang Indonesia lebih suka melafalkan dan menulisnya dengan sebutan “klapertart”.

Bahan-bahan untuk pembuatan resep klapertart panggang ini sangat mudah didapatkan karena makanan ini asli Indonesia. Bahannya akan kita bagi menjadi tiga jenis, yakni bahan I, bahan II, dan bahan toping.

Bahan I
* Tepung terigu sebanyak 125 gram (protein sedang)
* Gula pasir sebanyak 175 gram, haluskan
* Susu bubuk sebanyak 50 gram (merek apapun)
* Air kelapa sekitar 500 – 600 ml (jika ingin tekstur lembut), dan 300 – 400 ml (bila ingin tekstur kental)
* Kuning telur sebanyak 4 butir
* Margarin cukup sebanyak 100 gram, lelehkan
* Garam sebanyak 1/4 sendok teh
* Pasta vanilla/vanilli sekitar 1/2 sendok teh
Bahan II:
* Kismis sebanyak 30 gram
* Kenari kacang almond panggang 30 gram
* Kelapa muda (daging lembut) sebanyak 3 butir, kerok dagingnya.
Bahan toping:
* Gula pasir sebanyak 50 gram
* Putih telur dari 3 butir
* Garam sekitar 1/4 sendok teh
* Cream of tartar sebanyak 1/2 sendok teh
* Kayu manis bubuk (untuk taburan) secukupnya
* Kismis seperlunya
Cara Membuat Klapertart Panggang
1. Jika semua bahan telah terkumpul, mari kita langsung membuatnya. Campurkan bahan-bahan I dalam sebuah wadah dan aduk-aduk hingga tercampur secara merata. Apabila sudah tercampur secara merata, aduk campuran tersebut.
2. Masak adonan tersebut hingga mengental secara sempurna. Setelah mengental tambahkan air kelapa muda, kenari, dan kismis ke dalamnya. Aduk-aduk kembali hingga tercampur mereta dan kental. Namun jika terlalu kental, Anda bisa mengencerkan dengan menambah sedikit demi sedikit air kelapa.
3. Dalam wadah yang berbeda, kocoklah putih telur bersama dengan gula, cream of tartar, dan garam hingga kaku. Sisihkan terlebih dahulu.

4. Tuang adonan yang telah kita buah sebelumnya dalam sebuah cetakan berbahan dasar alumunium foil. Kemudian olesi dengan menggunakan kocokan putih telur. Setelah itu di atasnya beri hiasan kayu manis bubuk agar tampilannya semakin cantik.

5. Siapkan oven atau pemanggang. Lalu panggang adonan tersebut dalam oven selama 10 menit dengan suhu mencapai 170 derajat celcius. Terakhir apabila sudah matang, angkat kue tersebut dan letakan di atas meja agar panas dan uapnya pergi.

klapertart adalah kue yang sangat nikmat jika disajikan dalam keadaan dingin. Maka dari itu sangat disarankan untuk menaruhnya terlebih dahulu di dalam lemari es selama beberapa saat sebelum menyajikannya. ( Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares