Health

Pentingnya Kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun

By  | 

Diketahui, rutin mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah beraktivitas dapat melindungi tubuh dari kuman, menurunkan tingkat kematian balita, dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

Itu sebabnya, kemudian tercetuslah sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB bekerjasama dengan organisasi-organisasi lainnya baik pihak pemerintah maupun swasta, untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun. Kampanye tersebut tercetus pada Pertemuan Tahunan Air Sedunia (Annual World Water Week) yang berlangsung pada 17-23 Agustus, 2008 lalu di Stockholm dan tanggal 15 Oktober kemudian disepakati sebagai hari cuci tangan sedunia.

Perayaan Hari Cuci Tangan di SDN 03 Menteng.

Perayaan Hari Cuci Tangan di SDN 03 Menteng.

 

Lalu Kapan Saja Sebaiknya Mencuci Tangan?

Menurut dr. Imran Agus Nurali Sp.KO yang juga merupakan Direktur Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI, kebiasaan baik cuci tangan pakai sabun hendaknya dilakukan di 5 saat penting, yaitu: Sebelum makan pagi, sebelum makan siang, sebelum makan malam, setelah menggunakan toilet dan saat mandi.

“Cuci tangan pakai sabun adalah cara yang paling mudah dan efektif dalam melindungi tubuh dari kuman,” ujar dr. Imran saat menghadiri perayaan Hari Cuci Tangan Sedunia yang diselenggarakan oleh Lifebuoy, brand sabun kesehatan keluarga produksi PT Unilever Indonesia, Tbk di SDN 03 Menteng.

“Kami sangat mendukung upaya edukasi cuci tangan pakai sabun seperti yang dilakukan hari ini. Upaya ini sejalan dengan arahan pemerintah untuk mempromosikan langkah preventif dari penularan penyakit,” terangnya di hadapan para dokter kecil serta siswa-siswi SDN 03 Menteng pada 12 Oktober lalu.

Siswa Siswi SDN Menteng 03 Mencuci Tangan Pakai Sabun.

Siswa Siswi SDN Menteng 03 Mencuci Tangan Pakai Sabun.

 

Komitmen Lifebuoy

Kampanye yang dilakukan oleh Lifebuoy ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya cuci tangan pakai sabun (CTPS) agar terlindungi dari kuman. Komitmen ini telah dijalankan sejak tahun 2004 dan telah berhasil menjangkau lebih dari 89 juta tangan sehat di Indonesia. Bahkan di sepanjang tahun 2017 ini, Lifebuoy terus menjangkau hingga 1,5 juta anak usia sekolah dasar dan 150.000 mama di seluruh Indonesia dalam rangkaian menuju target meraih 100 juta tangan sehat Indonesia di tahun 2020.

Arya Bahupringga selaku Head of Marketing Skin Cleansing Unilever Indonesia menjelaskan, “Komitmen berkelanjutan ini merupakan bagian dari strategi Unilever Sustainable Business Plan, yaitu salah satu tujuannya adalah meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan 1 milyar orang pada 2020 secara global. Untuk itu edukasi pentingnya cuci tangan pakai sabun terus kami jalankan dengan melibatkan peran aktif para mama. Kami percaya Mama memegang peran penting sebagai pelopor penerapan kebiasaan hidup sehat di keluarga inti. Berdasarkan survei yang Lifebuoy lakukan untuk melihat peran Mama dalam pencegahan penyakit, sekitar 92% mama menerapkan kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat yaitu mandi teratur dan cuci tangan pakai sabun untuk menjaga kesehatan keluarga.”

Press Conference

 

Hal ini diperkuat oleh Titi Kamal selaku Brand Ambassador Lifebuoy, “Sebagai seorang ibu, saya menempatkan kesehatan anak dan keluarga menjadi hal yang paling utama. Tidak ada yang lebih menyedihkan ketika saya harus menghadapi anggota keluarga yang jatuh sakit, terutama Juna. Oleh karena itu, untuk memastikan ia selalu terlindung dari kuman penyakit, saya selalu mengajarkan Juna untuk menerapkan kebiasaan hidup sehat cuci tangan pakai sabun dan mandi dengan teratur.”

Lifebuoy fokuskan rangkaian edukasi pentingnya CTPS di 3 pilar utama yaitu; Pilar sekolah, Pilar PKK dan Pilar Rumah Sakit.

Khusus pada perayaan Hari Cuci Tangan Sedunia tahun ini, perayaan akan terus dilakukan oleh Lifebuoy di 13 titik lainnya di 10 kota dalam periode tanggal 12 hingga 31 Oktober 2017 yang akan menjangkau sekitar 2.500 masyarakat. Selain itu, Lifebuoy juga mengoptimalkan digital channel untuk mengajak masyarakat ikut serta dalam menciptakan Indonesia yang lebih sehat, dukungan dapat ditunjukkan dengan mengunggah foto menggunakan tagar #TepukSehatIndonesia di sosial media Instagram mereka dan follow akun Instagram @LifebuoyID. (Tammy Febriani/KR/Photo: Dok. Lifebuoy)

Shares