Finance

Mengapa Para Mama Harus Menabung Lebih Banyak?

By  | 

Tentu ada jawaban atas pertanyaan diatas. Terlebih, setelah mengetahui bahwa dalam sebuah survey yang diadakan oleh MarkPlus Insight kepada 9.000 wanita Indonesia (2016) mengungkapkan bahwa hanya 5 – 6% wanita yang menyisihkan diatas 20% dari penghasilannya untuk menabung.

Nah, bagaimana dengan Anda?

Study Studying Learn Learning Classroom Internet Concept

Investasi masa tua dan jaminan dana darurat hanyalah beberapa dari banyak sekali keuntungan menabung yang akan mamas dapatkan di kemudian hari. Dan, ternyata ada alasan khusus, lho, yang membuat kita disarankan untuk menabung lebih banyak dari para papa:

1. Peran ganda. Tidak hanya sebagai mama, tetapi secara personal Anda tentu memiliki tingkat kebutuhan yang semakin meningkat seiring pertambahan usia. Dana tabungan tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk pendidikan Si Kecil, tetapi juga pemenuhan aspek pribadi.

Mother with child swim underwater with fun in sea

2. Rawan stres. Secara emosional, wanita dengan multitasking job lebih rawan terserang stres. And if you need a hand, mamas dapat memanfaatkan dana tabungan semaksimal mungkin (bahkan mengajak seluruh anggota keluarga) untuk traveling & relaksasi.

3. Biaya hidup meningkat; terutama kebutuhan pokok serta biaya jaminan kesehatan dan pendidikan anak. Untuk mengantisipasi hal ini, dana tabungan yang ditingkatkan secara konsisten dapat membantu mamas memenuhi kebutuhan keluarga di masa datang.

Besaran tabungan yang disarankan tentu saja bervariasi, disesuaikan dengan kemampuan mamas. Mulailah dari 10% total penghasilan, lalu tingkatkan prosentasenya secara rutin setiap tahun untuk mendapat hasil investasi maksimal. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares