Relationship

Saling Memaafkan Agar Hubungan Lebih Harmonis

By  | 

Pada hari Raya nanti,  Anda yang tengah memiliki masalah dengan pasangan, mengapa tidak meminta maaf terlebih  dahulu kepada pasangan tercinta?  Yes, treat others as you want to be treated. 

1. Evaluasi Diri dan Perasaan

Ya, seyogyanya, permintaan maaf haruslah dari hati dan pikiran yang jernih tanpa dinodai emosi yang dapat merugikan hubungan. Cari tahu mengapa Anda ingin meminta maaf, juga cari tahu bagaimana kesalahan Anda bisa berdampak dalam hubungan. Jika ternyata Anda yang melakukan kesalahan, akuilah agar tidak meninggalkan dendam yang bisa diungkit di masa depan.

2. Mengalah
Dalam konflik, Anda dan pasangan sama-sama memiliki kesalahan, sekecil apapun. SAnda juga bisa membawakannya  hadiah kecil seperti cokelat, bunga, atau minuman hangat. Cara ini adalah salah satu bagian dari kompromi hubungan. Mungkin pasangan akan meminta maaf juga, mungkin juga ia tidak akan melakukannya. Apapun reaksi pasangan, Anda sudah bersikap dewasa dengan mengakui kesalahan lebih dulu.

3. Dengarkan Pasangan

Setelah meminta maaf, pasangan pasti akan memberi reaksi berupa komentar, apa yang dia rasakan, serta cara yang bisa Anda lakukan untuk menebus kesalahan. Dengarkan dia tanpa memberi interupsi . Jangan langsung membantah apa yang dia katakan sampai ia benar-benar selesai berbicara. Ini akan membuatnya lebih dihargai sebagai pasangan.
4. Saling Intropeksi Diri
Usai minta maaf, jangan lupa beritahu pasangan, apa saja yang harus dilakukan untuk saling memperbaiki diri masing-masing.  Tentunya ini untuk menjaga hubungan senantiasa harmonis.  (Yosi Avianti/Photo : Istoockphoto.com)

Shares