Health

Camilan Sehat Si Kecil untuk Mudik Lebaran

By  | 

Butuh persiapan ekstra untuk mempersiapkan Si Kecil ikut mudik saat hari Lebaran nanti, terutama dalam mempersiapkan makanan. Untuk membuat si kecil sibuk selama perjalanan mudik, Anda harus memutar otak menyediakan aneka camilan agar anak tidak rewel.

Tak hanya mampu membuat kenyang, namun juga para ibu harus membuat makanan atau camilan yang mampu memenuhi nutrisi si kecil selama menempuh perjalanan panjang. Selain memenuhi kebutuhan kalori anak, ibu juga perlu membuatkan makanan yang mampu menghidrasi anak serta memberikan suplemen dengan cara memberikan asupan sayuran dan buah-buahan.
Lantas, camilan seperti apa yang bisa diberikan ke si kecil?

1.Sandwich .

Saat anak sudah bisa mengunyah makanan berat, Anda bisa memberikan makanan sehat seperti sandwich saat perjalanan mudik lebaran. Anda bisa membuat chicken wrap dengan kulit tortilla karena sandwich tak melulu menggunakan roti tawar.Isi kulit tortilla yang sudah dipanaskan sampai lemas dengan potongan daging atau ayam. tambahkan irisan sayuran seperti brokoli atau selada untuk memperkaya nutrisi. Hindari penggunaan garam terlalu banyak saat mengolah camilan ini agar anak tak terbiasa konsumsi makanan asin.2. Nasi lengkap.
Berikan si kecil menu nasi lengkap dengan lauk pauk saat mereka sudah bisa makan. Pilihlah lauk pauk yang disukai anak-anak seperti telur, ayam, daging atau sup. Hindari penggunaan minyak berlebih saat mengolah hidangan ini.
3. Sushi
Anda bisa mengolah lauk pauk dengan teknik memasak dikukus atau direbus untuk meminimalisir penggunaan minyak. Kreasikan makanan dengan tingkat kreatifitas Anda agar lebih mudah membujuk anak untuk makan. Jika ingin yang berbeda, Anda bisa membuat sushi dengan isian lauk pauk yang beragam seperti telur, ayam atau daging, sosis, selada, timun dan lain sebagainya. Juga tambahkan nori atau rumput laut kering karena selembar nori mengandung vitamin K, kalsium, zat besi, yodium dan asam lemak omega 3.
4.Jus
Untuk menghidrasi anak selama perjalanan, buatkan jus atau smoothie dengan bahan baku buah segar yang kaya anti oksidan dan vitamin. Pilihlah buah-buahan yang banyak mengandung air seperti semangka, strawberry, blueberry atau buah yang tinggi kandungan air lainnya. Jangan tambahkan gula berlebih agar anak tak dibiasakan konsumsi makanan atau minuman manis sedari kecil.
5.Susu
Camilan sehat selanjutnya yang bisa Anda berikan saat mudik Lebaran adalah susu. Pilih rasa susu yang digemari. Untuk mengkreasikannya, Anda bisa membuat smoothie dengan mencampur susu kesukaan anak dengan buah-buahan yang tinggi vitamin dan juga serat.Untuk menjaga kesegaran smoothie saat dibawa sepanjang perjalanan, simpan smoothie di dalam ice box yang berisi es batu atau dinginkan semalaman penuh sebeum melakukan perjalanan mudik. Batasi penggunaan gula dalam pembuatan smoothie. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares