Health

6 Keluhan Yang Sering Dialami Calon Mama di Trimester 2

By  | 

Memasuki trimester kedua kehamilan, perubahan fisik mulai terlihat. Walau mual muntah sudah mulai berkurang, namun perubahan pada bentuk fisik juga bisa memicu rasa tidak nyaman pada tubuh. Berikut beberapa keluhan yang mungkin akan Anda rasakan ketika kehamilan memasuki trimester kedua:

1. Sakit kepala.

Kondisi ini terjadi akibat pembuluh darah di tubuh melebar dan tekanan darah bisa menurun saat kehamilan. Bila Anda mengalami sakit kepala, Smart Mama menyarankan agar Anda segera beristirahat. Baringkan tubuh ke sisi kiri untuk membantu memulihkan tekanan darah. Selain itu, perbanyak minum air putih dan biasakan bangun secara perlahan-lahan setelah duduk atau berbaring, ini bisa mencegah Anda mengalami pusing.

2. Gusi bermasalah.

Akibat adanya perubahan hormon di masa kehamilan, gusi menjadi lebih lunak dan sensitif karena adanya peningkatan sirkulasi darah ke gusi. Hal ini dapat menyebabkan Anda mudah mengalami perdarahan pada gusi ketika menyikat gigi. Untuk mengurangi gesekan yang dapat menyebabkan iritasi pada gusi, pilihlah bulu sikat yang lembut.

3. Sakit punggung.

Melewati trimester pertama, nafsu makan Anda sudah mulai kembali normal dan bahkan mulai bertambah. Otomatis, bobot tubuh akan bertambah sehingga bisa menyebabkan punggung terasa sakit karena tulang belakang harus menopang beban tubuh yang lebih berat dari biasanya.

 

Pregnant woman with swollen feet and leg pain

 

4. Kaki sering kram.

Mengalami kaki kram, khususnya pada malam hari, juga seringkali dirasakan calon mama di usia kehamilan ini. Karena itu, sebelum tidur sebaiknya Mamas melakukan peregangan pada otot-otot betis guna menghindari ketidaknyamanan ini. Banyak minum air putih dan melakukan aktivitas fisik juga dapat membantu mengurangi kram.

5. Hidung tersumbat.

Perubahan hormon juga membuat selaput lendir yang melapisi hidung dapat membengkak. Akibatnya, hidung jadi tersumbat dan bahkan bisa membuat hidung rentan mengalami perdarahan.

6. Perubahan kulit.

Hindari paparan sinar matahari secara langsung, atau setidaknya gunakan tabir surya ketika beraktivitas di luar ruangan ya, Mamas to be. Karena, kehamilan bisa merangsang produksi melanin yang bisa memicu noda hitam pada kulit wajah. Noda tersebut bisa memburuk ketika terpapar langsung oleh sinar matahari. Selain pada wajah, stretchmark berupa guratan berwarna merah, merah muda, atau ungu juga sangat rentan muncul di area sekitar payudara, perut, bokong, atau paha. Untuk meminimalisir rasa gatal yang muncul, Mamas to be dapat mengoleskan pelembap pada area tersebut.

Tak perlu khawatir, kondisi di atas sangat wajar dialami oleh calon mama. Namun bila keluhan yang dirasakan sudah sangat mengganggu, terutama sakit kepala berlebihan, maka segeralah berkonsultasi pada dokter kandungan Anda. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares