Parenting

4 Kesalahan Dalam Penggunaan Car Seat

By  | 

Penggunaan car seat di mobil saat berkendara dengan Si Batita sangatlah penting. Walau begitu, masih banyak orang tua yang melakukan beberapa kesalahan dalam penggunaan car seat. Bukannya melindungi Si Kecil, kesalahan ini malah justru membahayakan. Simak apa saja kesalahan yang kerap dilakukan para orang tua dalam hal penggunaan car seat!

1. Meletakkan car seat di jok depan.

USA Today mengemukakan bahwa kebanyakan orang tua menempatkan car seat anak di kursi depan sebelum usia yang dianjurkan. American Academy of Pediatrics menyarankan agar anak-anak duduk di belakang kursi mobil mereka hingga berusia 2 tahun, dan bahkan untuk keamanan, di atas usia tersebut pun, anak sebaiknya tetap duduk di belakang kursi. Seaman apapun car seat pilihan Anda, risiko jatuh, terbentur, atau bahkan terpental, masih dapat terjadi.

Berpikir kalau tempat paling aman mendudukkan anak di sebelah jok sopir adalah kesalahan besar, Mams. Justru, jok penumpang di bagian belakang mobil yang paling aman. Hal ini untuk berjaga-jaga jika terjadi kecelakaan.

Penelitian di tahun 2007 juga membuktikan bahwa car seat menghadap ke belakang bisa mengurangi angka kematian balita saat kecelakaan hingga 75%. Dengan menghadap ke belakang, kepala, leher dan tulang belakang anak akan terlindungi lebih maksimal terhadap benturan hebat.

2. Sabuk pengaman.

Selain letaknya, perhatikan juga sabuk pengaman atau tali pengikatnya. Pastikan dapat terpasang dengan erat. Tujuannya untuk mencegah anak bergerak ke depan. Tali pengaman yang kendur membuat anak bisa bergerak ke depan. Dan ini bisa membuat anak mengalami benturan di kepala atau cedera pada saraf tulang belakang ketika terjadi kecelakaan.

3. Pemasangan car seat.

Saat memasang car seat, pastikan Anda mengikuti petunjuk penggunaannya dan intruksi pemasangannya dengan teliti ya, mams! Saat car seat sudah terpasang, sebaiknya uji terlebih dulu untuk memastikan apakah memang sudah kuat terpasang atau posisi sudah benar dengan cara mendudukkan Si Kecil di car seat dan pasang semua pengaman yang dimiliki car seat tersebut padanya.

4. Car seat tidak sesuai dengan berat dan usia anak.

Untuk keamanan dan juga kenyamanannya, pemilihan car seat juga harus disesuaikan dengan berat dan usia Si Kecil ya, Mams. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares