Finance

Kesalahan yang Sering Dilakukan Para Mama Saat Berbelanja

By  | 

Berbelanja kebutuhan rutin bulanan tentunya sudah jadi rutinitas kita setiap bulannya ya, Mams? Mencari produk unggulan dengan harga terbaik tentunya jadi moto setiap mama saat berbelanja. Namun sayangnya, beberapa kesalahan seringkali terjadi saat Anda berbelanja. Yang tadinya mau hemat malah jadi boros!

Agar tak terjadi pemborosan, hindari beberapa kesalahan berikut saat berbelanja di supermarket!

Woman at store with shopping list on smartphone

  • Tidak membuat list belanjaan. Tanpa catatan apa saja barang yang harus dibelanjakan, belum tentu Anda bisa mengingat barang apa saja yang sudah habis dan harus dibeli. Yang ada, Anda hanya menebak-nebak saja, otomatis kesalahan sangat mungkin terjadi sehingga barang yang stoknya masih banyak justru Anda beli lagi, dan sebaliknya barang yang sudah habis malah tak terbeli. Daftar belanja juga bisa membuat Anda disiplin dan tidak mudah tergoda promo yang ditawarkan supermarket. Ini bisa berisiko mengacaukan budget belanja Anda lho, Mams!
  • Menggunakan trolley belanja. Percaya atau tidak, namun belanja dengan menggunakan trolley belanja yang berukuran besar justru menimbulkan sugesti untuk terus menambah isinya. Jadi bila belanjaan memang tak banyak, pakai saja keranjang belanja.
  • Belanja di waktu yang salah. Promo besar-besaran biasanya justru diberikan di pertengahan bulan atau bahkan mendekati akhir bulan. Coba deh manfaatkan momen tersebut. Lagipula, belanja di awal bulan, selain antrean kasir lebih panjang, harga-harga yang ditawarkan juga cenderung normal dan hanya sedikit yang didiskon.

Sales papers for various retail stores

  • Tidak cek promo. Walau Anda sudah punya supermarket langganan, namun tak ada salahnya lho mengecek promo di supermarket sebelah! Biasakan untuk mengencek promo-promo yang ditawarkan oleh beberapa supermarket. Caranya, Anda bisa melihat promo tersebut melalui katalog online yang sudah banyak dimiliki oleh supermarket-supermarket besar, iklan di media massa, atau katalog yang disediakan di pintu masuk supermarket.
  • Belanja di luar musim. Kalau Anda penggemar buah tertentu, pasti Anda akan sering membeli buah tersebut walau sedang tak musim. Pastinya, Anda harus mengeluarkan budget lebih besar untuk buah tersebut bukan, Mamas? (TammyFebriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares