Sex

Nyeri Saat Bercinta Paska Melahirkan, Mengapa?

By  | 

Perubahan hormon setelah melahirkan dapat menyebabkan Miss V menjadi lebih kering, inilah  alasan utama mengapa para mama seringkali mengeluh merasakan nyeri saat bercinta dengan pasangan.

Apakah Anda mengalami hal yang sama?

Hal ini wajar terjadi, terutama karena terdapat jahitan pada bagian antara anus dan Miss V pada proses melahirkan, serta penurunan masa otot Miss V yang dapat menyebabkan rasa nyeri pada saat melakukan hubungan seksual. Tenang saja, Mams. Hal ini normal terjadi, kok. Perlahan – lahan, otot Miss V yang mengendur juga akan merapat kembali etelah proses kelahiran usai.

Selain itu, hormon prolaktin yang diproduksi oleh seseorang pada saat
menyusui ternyata juga dapat menurunkan gairah seksual. Secara tidak langsung, hal ini akan menyebabkan berkurangnya cairan pelumas pada area Miss V terutama pada bulan – bulan pertama paska melahirkan.
Young woman sleeping in bed beside the window

Lalu bagaimana ya cara mengatasinya?

Well, secara medis, tubuh memang memerlukan waktu pemulihan sebelum
memulai aktivitas seksual kembali. Rentang waktu istirahat yang disarankan untuk proses kelahiran normal adalah 1 – 1,5 bulan. Dan lebih dari waktu yang disebutkan jika mamas melahirkan melalui operasi Caesar. Masa rehat ini menjadi penting karena tubuh akan memberikan kesempatan untuk efek pendarahan paska kelahiran berhenti, leher rahim menutup, dan jahitan di dalam tubuh pulih dengan sempurna. Sebelum bercinta, pastikan pendarahan pada Miss V sudah benar – benar berhenti ya, Mams. Karena jika tidak, kondisi tersebut dapat memicu terjadinya infeksi. Cobalah memanfaatkan lubricant dan memaksimalkan foreplay untuk aksi bercinta yang lebih hangat secara perlahan. Solusi lain, lakukan hal – hal yang disarankan oleh pakar seks (Baca: Mengatasi Problem Seksual Paska Melahirkan). (Nathalie Indry /KR /Photo :Istockphoto.com) 

Shares