Finance

Tip Manajemen Keuangan di Tahun 2017

By  | 

Awal tahun merupakan waktu yang tepat untuk mengontrol manajemen keuangan Anda agar lebih baik dari tahun kemarin. Rencana keuangan ini akan membantu Anda untuk bisa bebas dari masalah keuangan di tahun yang baru. Yuk simak caranya:

  1. Evaluasi. Coba buka kembali catatan keuangan Anda di tahun kemarin untuk melihat bagaimana kondisi keuangan Anda tahun lalu. Kemudian cek apakah sudah sesuai dengan perencanaan di awal tahun sebelumnya. Jika sudah sesuai, Anda bisa teruskan perencanaan keuangan Anda di tahun lalu atau bisa juga disesuaikan dan ditambah dengan rencana-rencana baru. Jika belum sesuai, Anda perlu mengecek terlebih dahulu dimana letak kesalahannya, sehingga tidak akan terjadi kesalahan kembali pada rencana tahun 2017 ini. Namun bila tahun kemarin Anda tidak memiliki catatan keuangan yang baik, maka Anda bisa memulainya di tahun ini.
  1. Cek Tagihan Bulanan. Sering mendengar kalimat new year, new you? Well, tak hanya tahun saja yang berganti baru, biaya membership gym Anda pun juga “baru” kan, Mamas? Jadi, segera move on dari masa-masa liburan akhir tahun Anda dan mulailah fokus dengan keuangan Anda. Mulailah memeriksa tagihan-tagihan Anda dan usahakan agar dapat segera lunas. Anda bisa memilih pembayaran autodebet untuk tagihan kartu kredit dan yang lain-lainnya agar tak ada yang terlupakan. Dengan begitu Anda juga bisa menghitung berapa keseluruhan tagihan Anda setiap bulannya, berapa yang bisa ditabung, biaya transportasi dan biaya bulanan keluarga Anda.
  1. Biaya Pendidikan. Di awal semester nanti, biaya pendidikan Si Kecil tentunya juga akan berubah. Belum lagi Anda juga harus membeli perlengkapan sekolah baru yang terbilang tak murah. Anda juga harus mempersiapkan kondisi ini lho, Mams. Anda punya waktu beberapa bulan untuk mempersiapkannya.
  1. Persiapkan budget liburan. Awali dengan melakukan review pengeluaran di tahun lalu. Seperti pengeluaran liburan, pesta ulang tahun Si Kecil, hari raya, dan sebagainya. Dengan mengetahui besarnya keseluruhan budget yang harus dikeluarkan, Anda bisa mulai mencicilnya tiap bulan untuk menghindari panik di satu bulan sebelum acara berlangsung. Hindari menggunakan kartu kredit atau bentuk pinjaman lain untuk hal ini. Tak hanya untuk pengeluaran di atas, tapi juga untuk biaya perawatan rumah dan kendaraan.
  1. Biaya pajak. Bulan maret adalah bulan dimana Anda harus membayar kewajiban pajak Anda. Bagi Anda yang bekerja di perusahaan yang memang mengurus kewajiban pajak Anda, maka Anda tak perlu repot. Namun berbeda halnya dengan pekerja freelance, jadi sebelum tenggat waktu yang ditentukan, segera bereskan kewajiban Anda yang satu ini ya, Mamas!
  1. Financial Check-up. Setiap 3 bulan, lakukan financial check up. Cari tahu apakah perencanaan Anda di beberapa bulan kemarin berjalan sesuai dengan yang direncanakan atau tidak? Kalau tidak sesuai, segera perbaiki ya, Mams. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istckphoto.com)

Shares