Parenting

7 Cara Agar Si Kecil ‘Lepas’ dari Diapers

By  | 

Mams, saat Si Kecil sudah berusia 2 tahun, tentu kebiasaan menggunakan diapers harus segera dihentikan. Ya, ada beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan. Berikut tipnya!

Berikut tip Si Kecil tidak lagi menggunakan diapers
1. Jangan biasakan
Semenjak Si Kecil berusia 2 tahun baiknya gunakan diapers hanya sesekali saja. Misalnya, saat menghadiri acara penting atau ketika sedang melakukan perjalanan jauh, agar Si Kecil lebih terbiasa tidak menggunakan diapers.
2. Potty training
Idealnya pemakaian diapers hanya digunakan hingga anak mencapai usia 20 bulan dan setelah itu Anda bisa mengajarkan potty training. Potty training mengajarkan bagaimana menggunakan toilet untuk pertama kali, sehingga anak-anak tahu apa yang harus dilakukan ketika ingin BAB. Tetapi, cara ini baru bisa dilakukan saat Si Kecil sudah mampu diajak berkomunikasi dengan baik.

3. Jangan memarahinya
Terkadang butuh waktu bagi Si Kecil untuk menyesuaikan diri. Sehingga, jangan pernah sekalipun memarahinya ataupun memaksanya saat ia belum merasa nyaman lepas dari diapers.

4. Atur jadwal untuk buang air
Ketika akan pergi tidur jangan lupa mengingatkan Si Kecil untuk segera buang air supaya tidak ngompol, atau atur jadwal buang airnya secara berkala (misalnya setiap 2 jam sekali) sampai ia terbiasa melakukannya  sendiri.

5. Beri pujian
Saat anak mulai belajar untuk tidak lagi menggunakan diapers berikan pujian. Mereka butuh diyakinkan bahwa tanpa diapers sebenarnya tidak akan terjadi apa-apa, justru mereka akan lebih bebas bergerak.

6. Gunakan perlak
Di awal berhenti menggunakan diapers biasanya Si Kecil akan terlihat sangat gelisah saat mau tidur. Karena itu, agar mereka tidak khawatir ngompol dan tetap merasa nyaman saat tidur,  siasati dengan memberi alas perlak di bawah tempat tidurnya.

7. Batasi minum sebelum tidur
Karena kapasitas kandung kemih seorang anak umumnya masih kecil, maka beberapa jam sebelum mereka pergi tidur sebisa mungkin batasi minum mereka supaya tidak mengompol. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares