Health

Smart Mama Story: Cara Menjaga Berat Badan Kala Hamil

By  | 

Yang satu ini memang lumayan sulit dilakukan ya, Mams. Pasalnya, kala hamil apalagi setelah memasuki trimester dua dan tiga, calon mama akan mengalami napsu makan berlipat ganda. Tetapi jangan khawatir Mams, tiru cara 4 smart mama berikut menjaga berat badan kala hamil agar tidak mengalami obesitas yang tentunya berbahaya bagi kesehatan.

“Memasuki trimester dua, napsu makan saya memang cukup gila-gilaan. Apa saja yang ada di hadapan saya rasanya ingin dikunyah. Alhasil dalam sebulan berat badan saya naik hingga 5 kilogram. Saran dari dokter sebaiknya saya menjalani pola makan sehat agar nantinya berat badan saya tidak melonjak naik. Akhirnya saya mulai mengurangi konsumsi garam dan gorengan, juga asupan karbohidrat. Hasilnya, hingga saat persalinan berat badan saya hanya naik 9,5 kilogram. ”
Rosa Arlika, 36 tahun, mama dari Sienna, 5 tahun dan Kara, 11 bulan

Growing beautifully

“Berhubung sebelum hamil bobot saya sudah cukup berat, maka saya bertekad kuat untuk tidak mengalami kenaikan berat badan yang siginifikan kala hamil. Selain ikut katering khusus calon mama, saya juga rajin yoga. Hingga kini, kehamilan saya sudah 8 bulan, kenaikan berat badan saya 10 kilogram, semoga dalam waktu satu bulan kenaikan berat badan saya hanya sekitar satu kilo saja.”
Andrea Hakim, 25 tahun, hamil 8 bulan

“Berkaca dari kehamilan pertama dimana bobot saya naik hingga 25 kilogram, maka di kehamilan kedua saya tidak mau hal tersebut terulang kembali. Saya rajin konsumsi makanan yang direbus dan mengandung banyak serat seperti shabu-shabu atau sup sayuran. Selain itu, setiap pagi saya menyempatkan diri untuk jalan kaki di sekitar rumah. Hasilnya berat badan saya naik hanya 12 kilogram di kehamilan kedua, not so bad lah ya.”
Lulu Andhika, 34 tahun, mama dari Helena, 8 tahun dan Louis, 2 tahun

“Saya tipe orang yang sulit sekali disipilin soal makanan. Saya gemar sekali jajan dan selalu memburu makanan enak setiap ada rekomendasi dari keluarga atau teman. Tapi, saat hamil saya hanya naik 10 kilogram lho. Caranya, memesan makanan dengan konsep sharing jadi tidak full menghabiskan satu porsi. Dan tentu saja rajin bergerak, saya rajin yoga dan jalan-jalan di mall.”
Lia Amran, 27 tahun, mama dari Kyla, 10 bulan

Nah Mamas to be, seru ya cara mereka menjaga berat badan kala hamil, bisa dijadikan insipirasi nih. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares