Mind

Pro & Kontra: Menyusui di Area Publik

By  | 

Hingga kini menyusui di depan umum masih menjadi perdebatan, sebagian masyarakat merasa keberatan jika ada mama menyusui di dekat mereka, namun sebagian lagi merasa hal tersebut sangat wajar dilakukan oleh seorang mama. Beberapa waktu lalu, bintang Youtube, Joey Salads melakukan eksperimen dengan mengajak temannya Emily untuk menyusui di hadapan publik dan melihat reaksi orang di sekitar Emily. Dan hasilnya memang sangat beragam, ada yang langsung menegur, ada yang pergi meninggalkan tempat, ada juga yang sama sekali tidak keberatan.

Lalu bagaimana dengan masyarakat di Indonesia? Berdasarkan survei kecil yang dilakukan Smart Mama, kebanyakan memang agak risih jika menyusui maupun melihat orang menyusui di tempat umum. Contohnya Dieta, mama dari dua orang anak mengaku agak risih jika harus menyusui di tempat umum, begitu juga jika ia melihat ada mama menyusui di hadapannya. “Suatu hari saat mengantar anak ke sekolah saya melihat ada seorang mama menyusui bayinya tanpa ditutupi apapun. Jujur saja, saya agak jengah melihatnya,” ungkapnya. Senada dengan Dieta, Indry dan Tammy juga merasa sedikit risih jika harus menyusui di tempat umum, termasuk melihat mama yang menyusui di area publik tanpa mengenakan nursing cover.

Beralih ke papa, Rudi, papa dari satu anak yang berprofesi sebagai videografer ternyata merasakan hal yang sama jika melihat mama menyusui di tempat umum, yakni risih dan memilih untuk segera pergi dari tempat tersebut. Yes Mamas, ternyata sebagian besar masyarakat kita juga masih jengah dan risih jika melihat mama menyusui di hadapan umum. Padahal ruang menyusui yang tersedia di area publik relatif masih sedikit dan regulasi yang belum jelas di negara kita. Namun Smart Mama percaya, semua ada solusinya kok, lakukan hal berikut jika Anda menyusui di area publik.

  • Sadari hak Anda. Mamas, pada dasarnya menyusui adalah hak Anda dan Si Kecil kok, meskipun memang belum ada regulasi yang menyatakan hal tersebut. Namun seharusnya tidak ada satupun orang yang dapat menghalangi seorang mama untuk memberi makan anaknya.
  • Gunakan nursing cover. Meski menyusui adalah hak Anda, ada baiknya Anda juga memikirkan kenyamanan orang lain. Oleh sebab itu, menggunakan nursing cover yang kini banyak tersedia di toko keperluan mama dan bayi adalah pilihan yang cerdas. Pilih yang berbahan lembut dan memiliki lubang udara memadai bagi Si Kecil.
  • Kenakan pakaian nyaman. Pakaian longgar yang nyaman dan berkancing dapat dijadikan pilihan saat Anda harus bepergian sambil menyusui. Jangan lupa mengenakan nursing bra ya, Mams, sehingga Anda lebih mudah menutup dan membuka bra di tengah keramaian.

Well Mams, selalu ada jalan tengah kan untuk setiap hal termasuk menyusui di area publik, tak perlu merasa ragu selama Anda melakukannya tanpa mengganggu orang lain. Menyusui adalah hal yang natural dan seharusnya tidak ada yang perlu diperdebatkan, breastfeeding should be fun! Yuk Mams, mari kita sama-sama support breastfeeding tanpa saling menghakimi dengan cara sharing kisah Anda di www.campaign.com/SmartAsi .(Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com, Video: Youtube)

Shares