Health

Smart Mama Story: Manajemen ASI Si Kembar 5

By  | 
A,I,U,E, dan O adalah inisial dari kelima bayi kembar yang dilahirkan pada bulan Januari 2016 lalu oleh pasangan asal Cirebon, Jawa Barat Lely Solihati & Habibi Ahmad Akbar. Mereka adalah bayi berjenis kelamin laki – laki: Abbid, Izzul, Uqkail, Ezra, dan Oxy yang juga memiliki seorang kakak perempuan bernama Shakira (2 th). Berita kelahiran yang sempat menarik perhatian para mama di seluruh Indonesia ini kemudian menimbulkan pertanyaan, “Bagaimana Mama Lely menyusui bayinya, ya?”. Ternyata, di balik aktivitas menyusui A,I,U,E,O ia juga menemui banyak hambatan lho, Mams. Yuk simak obrolan tim Smart Mama dengan Mama Lely berikut ini.

aiueo

ASI tidak langsung keluar sesaat setelah melahirkan
ASI saya baru keluar 2 hari setelah melahirkan, berupa kolostrum (susu yang dihasilkan oleh kelenjar susu dalam tahap akhir kehamilan/setelah kelahiran bayi, mengandung nutrisi tinggi dalam setiap tetesnya) saja yang sangat sedikit – bahkan tidak sampai 1 cc. Jadi selama 2 hari pertama A,I,U,E,O sama sekali tidak mengkonsumsi ASI.

Usaha apa yang Mama Lely lakukan hingga akhirnya dapat menyusui mereka?
Tetap memompa payudara setiap 2 jam sekali, meskipun pada awalnya tetap tidak keluar juga. Usaha ini harus tetap dilakukan secara kontinu; akhirnya berhasil juga, ASI saya keluar sedikit demi sedikit pada hari kedua setelah persalinan. Lalu di hari ketiga, saya mulai bisa memproduksi sekitar 60 cc, tetap menyusui hingga saat ini.

Pernah mengalami defisit ASI?
Pernah. Saya sampai sempat memberikan A,I,U,E,O selingan susu formula saat mengalaminya. Tapi begitu produksinya lancar kembali, saya utamakan menyusui mereka atau menyediakan stok ASIP di kulkas.

Manajemen ASI
Dari pengalaman dan kebutuhan saya harus menyusui lima orang bayi sekaligus, yang paling berkaitan erat dengan produksi ASI sebetulnya adalah pengosongan payudara secara kontinu. Sampai mereka berusia 6 bulan sekarang ini, saya bersyukur karena produksi ASI tetap lancar. Intinya ada pada manajemen ASInya: Kosongkan payudara setiap 3 jam sekali. Berikut adalah gambaran jadwal perahnya:
Pukul 01.00 WIB.
* Sekitar pukul 04.00 – 05.00 WIB.
Pukul 07.00 WIB setelah sarapan.
Pukul 10.00 WIB.
Pukul 13.00 WIB setelah makan siang.
Pukul 16.00 WIB.
Pukul 19.00 WIB.
Pukul 22.00 WIB.

Kunci sukses menyusui
Menurut pengalaman saya, kunci sukses menyusui adalah rajin memompa ASI, konsumsi makanan bergizi dalam jumlah banyak, serta positive thinking & percaya bahwa kita dapat memberikan ASI bagi anak kita.

aiueo 3

Well, secara medis, bayi yang baru lahir memang bisa bertahan selama 3 hari tanpa ASI atau makanan lainnya karena Ia masih memiliki cadangan energi, Mams. Meskipun efeknya kulit bayi akan kuning, kondisi ini masih terbilang wajar. Jika saat ini mamas merasa masih kesulitan dalam menyusui Si Kecil, Anda tidak sendiri, kok. Tidak semua mama lancar dalam menyusui bayinya sejak pertama mereka dilahirkan. Tetapi, tetap yakinkan diri bahwa Anda mampu melewati hambatan tersebut, seperti yang dialami Mama Lely. (Nathalie Indry/KR/Photo: Dok. BQ Pictures)

 

Shares