Recipe

Resep : Lasagna Kulit Pangsit

By  | 
Mams, salah satu menu yang disukai Si Kecil adalah Lasagna. Kali ini Anda bisa membuat Lasagna dengan bahan dasar kulit pangsit. Sangat cocok sebagai camilan Si Kecil di sore hari. Selamat mencoba ya, Mams.

Bahan:
12 lembar kulit pangsit
250 gram daging sapi cincang
150 gram keju mudah meleleh, parut kasar
5 buah jamur
Bumbu saus daging:
1 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang kasar
2 siung  bawang putih, keprak dan cincang halus
3 buah tomat merah, rebus dan kuliti
4 sendok makan saus spaghetti botolan
3 sendok makan saus tomat botolan
1/4 sendok teh oregano bubuk
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica hitam butiran tumbuk halus
1/2 sendok teh kaldu bubuk instan (optional)
1 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan dan bumbu saus putih:
1 sendok makan mentega
2 sendok makan tepung terigu
500 ml susu cair
1/2 sendok teh merica hitam butiran tumbuk halus
1/4 sendok teh garam
50 gram keju parut.

Cara membuat:

Saus daging  

  • Siapkan wajan, panaskan minyak. Masukkan bawang bombay dan bawang putih, tumis hingga harum dan warnanya berubah transparan. Masukkan daging cincang, dan masak dengan api sedang sambil diaduk hingga daging berubah warna. Tambahkan saus spaghetti, saus tomat,  oregano, garam, merica bubuk dan kaldu bubuk (optional), aduk rata, dan masukkan jamur. Masak hingga semua bahan mengental. Angkat.

Kulit lasagna (Kulit Pangsit)

  • Siapkan panci, isi dengan 1 liter air dan 1 sendok makan garam. Rebus air hingga mendidih, masukkan kulit pangsit, aduk dengan spatula agar kulit tidak lengket satu sama lainnya. Rebus sebentar, tiriskan. Sisihkan

Saus putih

  • Siapkan panci, masukkan mentega dan masak dengan api kecil hingga mentega meleleh. Masukkan tepung terigu. aduk rata. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk untuk hasil sempurna. Tambahkan merica, garam dan keju parut, aduk rata hingga keju meleleh dan saus kental. Angkat.

Menata lasagna

  • Siapkan loyang ukuran 20 x 20 cm, tata 4 lembar kulit pangsit di dasar loyang. Bagi tumisan daging, saus putih. Oleskan 1 bagian tumisan daging di permukaan kulit lasagna. Oleskan saus putih diatas tumisan daging.
  • Tutup dengan 4 lembar kulit pangsit lainnya dan lakukan kegiatan menumpuk sama seperti instruksi diatas hingga 12 lembar kulit pangsit terpakai semua. Lapisan paling atas setelah anda mengoleskan saus putih jangan ditaburkan keju dulu. Kita akan panggang terlebih dahulu lasagna hingga 1/2 matang baru keju ditaburkan.

Memanggang

  • Letakkan loyang lasagna, panggang lasagna selama 20 menit, keluarkan dari oven dan taburkan sisa keju di permukaan lasagna. Panggang kembali selama 15 – 20 menit hingga keju meleleh dan permukaan lasagna mulai kuning coklat keemasan. Keluarkan dari oven dan biarkan dingin sebelum dipotong-potong. (Yosi Avianti/Photo : Various)

 

Shares