Health

7 Penyakit yang Dapat Dihindari dengan Berpuasa

By  | 

Mamas, bukan rahasia lagi selain beribadah, menjalankan puasa juga memiliki beberapa manfaat antara lain mengatur emosi juga membuat tubuh menjadi lebih sehat, serta terhindar dari berbagai penyakit. Berikut tujuh penyakit yang dapat hindari dengan rajin berpuasa.

  1. Diabetes. Saat berpuasa konsumsi gula, serta makanan manis lainnya lebih terkontrol, hal tersebut dapat mengembalikan keseimbangan kadar gula dalam tubuh, sekaligus menghindari diabtes tipe 2. Bagi Anda yang memiliki riwayat kadar gula tinggi, sebaiknya tetap membatasi asupan gula saat berbuka. Dan bagi mamas yang menyukai kudapan manis, saat mencoba makanan yang memiliki kadar gula alami seperti pisang atau kurma.
  2. Kolesterol tinggi. Yang satu ini juga kerap menjadi keluhan para mamas ya, pasalnya banyak smart mama yang gemar berwisata kuliner. Dengan berpuasa, Anda akan terhindar dari dari kolesterol jahat karena asupan lemak yang dapat Anda konsumsi terbatas. Bagi Anda yang memang memiliki kolesterol tinggi, sebaiknya menghindari makanan berlemak, serta santan saat berbuka puasa.
  3. Kanker. Yes Mamas, ternyata rajin berpuasa dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, karena tanpa disengaja Anda akan membatasi asupan makanan yang kerap memicu sel kanker. Berpuasa juga menimbulkan energi positif pencegah stres yang seringkali disebut sebagai salah satu pemicu penyakit kanker.
  4. Maag. Penyakit yang satu ini kerap dijadikan alasan banyak orang untuk tidak berpuasa, padahal ternyata puasa bukan saja dapat mencengah penyakit maag, namun juga ampuh untuk menyembuhkannya. Puasa membuat perut Anda harus beristirahat selama kurang lebih 14 jam. Hal ini dapat membantu menurunkan hormon gastrin sehingga produksi asam lambung pun ikut menurun.
  5. Hipertensi. Berpuasa memungkinkan Anda untuk mengatur pola makan yang lebih sehat, selain itu puasa juga menuntut Anda agar lebih sabar dan tenang. Hal ini akan membuat Anda terhindar dari risiko tekanan darah tinggi yang seringkali berujung pada penyakit yang lebih berbahaya, yakni stroke.
  6. Obesitas. Salah satu tujuan dari berpuasa adalah detoksifikasi yakni membuang racun berbahaya dari dalam tubuh. Proses detoksifikasi dalam tubuh akan membuat usus Anda lebih bersih dari timbunan makanan sehingga sistem pencernaan Anda menjadi lebih sehat. Nah, usus yang bersih dapat membuat berat badan Anda lebih ideal.
  7. Ginjal. Penyakit yang satu ini memang cukup menyeramkan ya, Mams, pasalnya jika sudah terserang penyakit ginjal yang akut, hidup Anda bergantung pada cuci darah. Berpuasa membuat Anda harus mengurangi asupan air, hal ini berdampak pada seringnya Anda buang air kecil yang juga meningkatkan kekuatan osmosis sekaligus melindungi fungsi ginjal.

Well, Mams, jika tubuh Anda sehat maka Anda akan tampak lebih segar juga bahagia. Selamat berpuasa bagi Mamas yang menjalankan, and stay healthy! (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares