Health

Keuntungan dan Aturan Berolahraga Saat Puasa

By  | 

Mamas, siapa bilang saat berpuasa Anda tidak bisa berolahraga rutin? Ternyata berlatih kala sedang menjalankan puasa banyak manfaatnya lho. Dan Anda tidak perlu khawatir akan  merasa lemas atau jatuh sakit karena ternyata olahraga saat berpuasa justru memiliki banyak keuntungan lho, ini benefitnya:

  • Detoksifikasi. Memang sih berpuasa sendiri sudah merupakan proses detoksifikasi dalam tubuh, namun berolahraga secara rutin selama bulan ramadan dapat memaksimalkan proses detoksifikasi dalam tubuh. Dengan menjalani keduanya, sirkulasi darah serta fungsi kelenjar getah bening semakin lancar, racun dalam tubuh pun akan keluar dengan optimal.
  • Membuat tubuh terasa segar. Menunggu buka puasa dengan bersantai atau tidur justru akan membuat tubuh kian lemas. Rasa lemas akan memicu rasa haus dan lapar, sehingga Anda akan merasa semakin lesu. Berolahraga akan membuat tubuh Anda terasa segar, sekaligus killing time dengan cara yang sehat sembil menunggu waktu berbuka puasa tiba.
  • Program diet kian maksimal. Meskipun berpuasa adalah ibadah, namun banyak juga para mama yang memanfaatkan momen ini untuk meraih berat badan ideal, apalagi para mama baru yang ingin menghilangkan baby weight. Nah berolahraga akan mendukung program diet Anda agar lebih maksimal, dan mendapatkan tubuh ideal saat hari raya nanti.

Meski kaya manfaat, tentu saja berolahraga saat puasa akan berbeda dengan hari biasa, yuk simak aturannya ya, Mams.

  • Lakukan menjelang jam berbuka. Meskipun olahraga di pagi hari membuat Anda segar, namun absennya asupan dalam tubuh akan membuat Anda lemas, sementara waktu berbuka masih lama. Siasati dengan berolahraga di sore hari, sekitar jam 16.30-17.00. Biasanya setelah olahraga Anda akan lekas merasa haus, jarak waktu yang relatif dekat antara selesai berolahraga dengan berbuka puasa akan mebuat Anda terhindar dari dehidrasi.
  • Olahraga ringan. Tentu saja Anda harus menghindari olahraga high impact seperti aerobik atau zumba. Sebaiknya Anda melakukan olahraga ringan seperti jogging atau yoga ya, Mams. Olahraga berat akan memicu dehidrasi pada tubuh.
  • Tidak perlu terlalu lama. Olahraga saat berpuasa berarti membakar sisa kalori yang ada pada tubuh, sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama. Berlatih selama 30-45 menit sudah cukup bagi Anda.
  • Olahraga di tempat yang sejuk. Jika biasanya Anda yoga dalam ruangan bertemperatur tinggi, untuk sementara ubah kebiasaan tersebut dengan yoga di ruangan yang sejuk. Bagi Anda yang gemar jogging, lakukan di tempat yang memiliki banyak pohon ya.

Selamat berpuasa dan jaga kesehatan Anda ya, Mams. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares