Parenting

5 Aktivitas yang Membuat Si Kecil Mudah Berteman

By  | 

Mamas, tipe anak memang berbeda ya, ada yang mudah bergaul dan cepat beradaptasi, namun ada juga yang pemalu dan butuh waktu lebih lama untuk bersosialisasi. Nah agar anak Anda tergerak untuk memiliki banyak teman, lakukan lima aktivitas berikut.

  1. Baca buku tentang pertemanan. Saat bed time story, pilih buku yang memiliki tema pertemanan, biasanya buku cerita atau dongeng anak akan menceritakan seputar serunya bermain bersama teman atau memiliki teman yang suka menolong. Hal ini akan membuat Si Kecil memiliki keinginan untuk memiliki teman.
  2. Bermain game. Board game atau permainan lainnya menuntut Si Kecil untuk main secara bergiliran, nah permainan seperti ini tentu membutuhkan partner atau teman. Pertama-tama mungkin Anda yang akan menemani ia bermain, lama kelamaan Anda dapat mengundang anak kerabat untuk bermain bersama, dan pertemanan pun dapat terjalin.
  3. Menolong orang lain. Libatkan Si Kecil untuk menolong orang terdekat, misalnya tetangga atau saudara, jika ia terbiasa menolong orang lain, maka akan mudah baginya untuk menjalin pertemanan dengan sipapun.
  4. Mengundang kerabat untuk berkumpul. Jadikan rumah Anda sebagai tempat berkumpul anak-anak dengan mengundang anak para kerabat atau tetangga untuk berkunjung. Rumah yang senantiasa ramai membuat Si Kecil tidak merasa canggung untuk berkomunikasi dengan orang lain. Ia juga menjadi terbiasa untuk berbagi sehingga mudah bergaul.
  5. Olahraga. Ajak Si Kecil untuk berolahraga atau melakukan aktivitas outdoor lainnya. Menurut para pakar, olahraga akan membuat Anda lebih relaks, begitu juga dengan Si Kecil. Fun dan merasa santai akan membuat Si Kecil lebih mudah mengekspresikan diri. Aktivitas outdoor juga membuka peluang bagi Si Kecil untuk bertemu dengan teman sebaya dan menjalin persahabatan. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares