Health

PIlihan Sayuran Untuk MPASI

By  | 

Saat bayi berusia 6 bulan, sudah waktunya memberi Si Kecil makanan pendamping ASI (MPASI).  Untuk makanan pendamping ASI bayi 6 bulan, sebaiknya sayuran masuk dalam daftar nutrisi wajib hariannya. Sayuran kaya akan vitamin dan mineral yang  baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Sayuran memang terasa hambar dan biasanya kurang disukai. Tetapi tak ada salahnya mulai  meperkenalkan sejak usia dini agar ia terbiasa mengonsumsi hingga dewasa nanti. Berikut, beberapa sayuran terbaik yang dapat Anda pilih.

Bayam
Sayuran hijau yang satu ini penting dalam mendukung perkembangan otak bayi. Kandungan vitamin dan mineral di dalamnya juga sangat banyak, yakni mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, asam folat, kalsium, fosfor, dan zat besi. Bayam merah memiliki kandungan kalsium sangat tinggi. Kandungan kalsium dalam 100 gram bayam merah adalah 368 miligram. Tak hanya itu, bayam merah juga kaya akan vitamin A, B1, C, dan zat besi. Anda bisa membuat bubur yang dicampur dengan sayur bayam yang dicampur dengan tahu putih agar lebih lezat.

47.-manfaat-bayam

Jagung manis
Berbagai olahan MPASI bayi bisa dibuat dari jagung, seperti bubur, dan sup. Jagung kaya akan karbohidrat, serat, protein, vitamin A, vitamin C, asam folat, kalium, fosfor, magnesium, asam lemak omega 3 dan 6, dan kholin.

Manfaat Jagung Manis Untuk Kesehatan

Wortel
Wortel sangat baik untuk kesehatan mata bayi. Anda dapat menyajikan parutan wortel sebagai campuran bubur halus bayi.

hrdj
Kentang
Sayuran berbentuk bulat ini kaya karbohidrat yang dapat memasok energi untuk si Kecil yang mulai aktif bergerak. Kentang juga mengandung potassium, vitamin C, vitamin B1, B2, dan B3, protein, dan zat besi. Anda cukup merebus kentang hingga lunak lalu seperti mashed potato. Si Kecil pasti suka!

 

Kentang

Brokoli
Vitamin yang terkandung di dalam brokoli sangatlah melimpah. Dari 156 gr brokoli terdapat kandungan vitamin A, B kompleks, kaya akan vitamin C, E dan K. Bukan hanya itu saja sayuran brokoli ini juga mengadung serat yang tidak kalah jumlahnya dengan roti gandum, yang berguna untuk sistem pencernaan Balita. Anda bisa mengolah brokoli dengan cara dikukus, karena dapat mempertahankan kandungan dan vitamin di dalamnya.

manfaat-brokoli
Labu siam
Labu siam juga merupakan sayuran yang kaya akan fosfor dan kalsium dan sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Labu siam memiliki tekstur yang cukup lunak, sehingga akan memudahkan bayi saat mengunyah.

labu-siam

 

(Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares