Parenting

Anak Aktif Tak Selalu Nakal

By  | 

Beberapa mama berpikiran bahwa anak pandai cenderung kalem dan tak banyak tingkah. Padahal, tak selamanya lho anak pandai memiliki penampilan yang tenang, dan diam. Justru, salah satu  ciri dari anak pandai atau cerdas adalah aktif. Meski begitu, seringkali anak aktif juga dianggap nakal, dan memiliki penilaian negatif lainnya. Daripada terus menilai anak aktif itu nakal, yuk simak beberapa kelebihan dari anak aktif!

  • Memiliki rasa keingintahuan besar. Timbulnya rasa  ingin tahu yang besar ini, membuat anak selalu mencoba untuk mencari jawaban dari rasa penasaran yang ia hadapi. Dampaknya, anak jadi sering melakukan aktivitas yang mungkin membuat Anda tercengang. Seperti misalnya membongkar mainan sampai rusak, membongkar isi lemari atau rak di rumah, mencoba masuk ke ruang-ruang yang bisa menimbulkan rasa ingin tahu yang besar baginya seperti gudang, dapur, dan lain sebagainya. Jangan terburu-buru menilai kalau ia nakal. Sikap rasa ingin tahunya ini justru kelak akan muncul dan tumbuh menjadi kemampuan anak untuk menganalisa sesuatu. Jadi jangan mencegahnya saat ia sedang aktif dan penasaran, yang bisa dilakukan oleh Anda adalah mengarahkan, serta memfasilitasi kebutuhannya.
  • Banyak bertanya. Tak hanya aktif secara fisik saja, anak yang gemar bicara dan bertanya mengenai banyak hal juga merupakan ciri anak aktif. Jujur deh Mamas, pasti Anda pernah merasa kesal ketika anak terlalu banyak bicara ataupun bertanya, bahkan berkali-kali untuk hal yang sama. Tahan emosi Anda ya, ketika anak bertanya, selain untuk mencari tahu mengenai banyak hal, dia juga sedang belajar untuk melakukan komunikasi yang baik dengan orang lain. Perlu Anda ketahui, kemampuan berkomunikasi ini adalah salah satu dasar pembentukan jiwa kepemimpinan.
  • Lebih kreatif. Selain itu, anak aktif pada umumnya juga kreatif. Seperti misalnya, ia gemar menggunakan barang-barang Anda yang ada di rumah sebagai, mencoret-coret dinding rumah, dan sebagainya. Aktivitas ini juga tidak bisa dikatakan negatif ya, mamas. Kreativitas anak Anda ini akan membawanya menjadi seorang yang kreatif dan memiliki daya cipta tinggi saat dewasa nanti.

Walau tak selalu menyenangkan saat menghadapinya, namun dukungan Anda dan suami sebagai orangtua sangat dibutuhkan. Sebagai orangtua, Anda dan suami harus dapat memahami, mengarahkan, membimbing serta memfasilitasi Si Kecil agar aktivitasnya ini terarah dan positif. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares