Health

Jenis Olahraga Sesuai Bentuk Tubuh

By  | 

Mamas, sudahkah Anda berolahraga hari ini? Olahraga minimal 30 menit sekali setiap hari akan membantu tubuh Anda melepaskan hormon endorphin yang akan dapat membuat tubuh dan otak menjadi relaks, serta meningkatkan jumlah antibodi tubuh untuk melawan penyakit. Tetapi memang, rutinitas sehari – hari yang cukup padat akan membuat Anda sulit menemukan waktu untuk berolahraga ya, Mams. Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya Anda mulai memikirkan bentuk latihan yang berfungsi maksimal untuk jenis tubuh Anda. Berikut informasinya, Mams.

1. Jenis tubuh buah pir. Tipe tubuh jenis ini biasanya memiliki timbunan lemak di daerah paha dan bokong, tetapi cenderung kurus pada bagian atas; seperti Alicia Keys / Jennifer Love Hewitt.
Olahraga yang sesuai: Jalan kaki/jogging: 30 – 45 menit selama tiga kali seminggu untuk membakar lemak – lemak di sekitar area bawah tubuh. Fokuslah pada olahraga bergerak, latihan kekuatan, dan kardio. dengan begitu, kalori yang terbakar akan lebih banyak.

2. Jenis tubuh lurus/rectangle. Tipe tubuh jenis ini biasanya ditandai dengan tidak adanya lekukan / garis tubuh yang berarti dan cenderung kurus; seperti Cameron Diaz.
Olahraga yang sesuai: Fokuskan pada latihan otot tubuh untuk membentuk body shape. Lakukan push up, sit up, dan plank position untuk proses pembentukan otot perut yang maksimal selama 30 menit dengan durasi tiga kali seminggu. Latihan beban atau weight training program pada kelas gym juga akan membantu Anda untuk menciptakan bentuk tubuh yang lebih curvy.

3. Jenis tubuh curvy/hourglass. Tipe tubuh jenis ini biasanya ditandai dengan lekukan tubuh yang menonjol pada sisi atas dan bawah, mulai dari bagian dada, pinggang, hingga pinggul; seperti Beyonce / Scarlett Johannson. Kelemahan dari jenis tubuh ini adalah jika terjadi penambahan berat badan, maka bentuk tubuh akan semakin ‘berat’.
Olahraga yang sesuai: Kardio untuk membakar lemak, dilakukan minimal selama 30 menit dengan durasi tiga kali seminggu. Selain itu, Anda disarankan untuk tetap melakukan latihan beban dengan kuantitas minimal 15 menit selama tiga kali seminggu untuk menjaga kekencangan otot tubuh (tangan, bokong, kaki).

4. Jenis tubuh atletis/inverted traingal. Tipe tubuh jenis ini ditandai dengan kondisi otot tubuh bagian atas mulai bahu sampai lengan terlihat lebih kokoh dan berisi, lalu mengecil ke bagian bawah tubuh; seperti Hayden Panettiere / Jessica Biel.
Olahraga yang sesuai: Fokuskan pada latihan untuk menyeimbangkan kondisi tubuh bagian atas dan bawah. Butt busting bisa dilakukan dengan cara mengangkat satu kaki secara bergantian ke arah belakang setinggi mungkin selama 15 menit setiap hari. Latih anggota tubuh bagian atas Anda dengan beban selama 15 menit selama tiga kali seminggu.

Disamping itu, tetapkan waktu olahraga ringan secara rutin yang dapat membantu membakar lemak tubuh dan menjaga bentuk tubuh ideal Anda ya, Mamas. Selamat berolahraga! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares