Health

Yuk, Rawat Kaki Anda Kala Hamil!

By  | 

Saat hamil, tanpa terasa salah satu bagian tubuh yang paling lelah adalah kaki Anda. Pasalnya, kedua kaki Anda harus menyangga tubuh calon mama yang bobotnya meningkat dengan signifikan. Maklum saja, kini ada calon anak yang berada di dalam kandungan Anda. Namun bukan berarti kesehatan serta kecantikan kaki Anda tidak terjaga ya Mams. Yuk lakukan perawatan kaki berikut selama Anda mengandung.

  • Pilih sepatu yang tepat. Gunakan sepatu ringan yang nyaman dipakai untuk aktivitas sehari-hari agar beban kaki Anda tidak terlalu berat, seperti flat shoes berbahan karet atau sneakers. Untuk sementara waktu, hindari sepatu berbobot berat atau high heels yang akan membuat kaki Anda kian lelah. Jika Anda terpaksa menggunakan high heels untuk menghadiri pesta misalnya, pastikan heels yang Anda pilih tidak runcing dan berukuran kecil. Heels yang lebar atau wedges yang lebih aman menyangga tubuh. Dan Mams, pastikan Anda menggunakannya tidak dalam jangka waktu yang lama ya.
  • Rendam kaki secara berkala. Merendam kaki dalam air hangat yang dibubuhi garam mandi juga dapat mengatasi kaki lelah lho Mams. Selain itu, air hangat dapat mengeluarjan kotoran dan kuman dari kaki Anda.
  • Pijat kaki. Pijatan lembut di area kaki juga dapat dijadikan pilihan agar otot pada kaki Anda lebih relaks. Namun pastikan pijat kaki yang Anda jalani bukan pijat refleksi ya Mams. Pasalnya, pijat refleksi ditujukan untuk bagian saraf sehingga dikhawatirkan dapat mengganggu perkembangan janin.
  • Pedicure. Saat hamil apalagi jika perut Anda mulai membuncit, tentu Anda kesulitan untuk melakukan perawatan kuku kaki seorang diri ya Mams. Oleh karena itu, Anda perlu meminta bantuan dengan cara pedicure di salon langganan. Namun pastikan pedicure tools yang digunakan steril ya Mams, bila perlu bawa sendiri pedicure tools Anda. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares