Mind

5 Hal Melelahkan untuk Calon Mama di Trimester Pertama

By  | 

13 minggu pertama di trimester pertama kehamilan bagi sebagian besar calon mama memang merupakan masa terberat ya. Tapi ini memang normal kok, Mams to be. Pasalnya perubahan hormon membuat perubahan signifikan bagi fisik maupun mental Anda sehingga Anda jadi gampang merasa lelah ataupun malas melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Tak sanggup mengikuti serial di televisi. Semua orang membicarakan betapa serunya serial CSI New York atau Walking Dead, tapi tidak dengan Anda. Anda mungkin saja beberapa kali menonton serial tersebut namun tak terlalu paham jalan ceritanya. Atau Anda di tengah-tengah serial diputar, Anda malah tertidur sambil memegang remote televisi. Apakah ini ‘gw banget?’, Mamas to be? Hmmm…ini wajar kok dan kebiasaan ini umumnya akan ‘berakhir’ di trimester kedua. Nah, jika Anda ingin tetap bisa membicarakan serial tersebut dengan pasangan atau teman-teman, Anda bisa mencari tahu jalan ceritanya dengan membaca review di internet saja ya.

2. Rapat yang membosankan. Jika Anda sebagai calon mama bekerja kantoran tentu ada kalanya Anda harus ikut rapat dengan tim atau atasan. Bila sebelum hamil, Anda bersemangat ikut meeting tapi sekarang Anda selalu merasa semua rapat sangatlah membosankan. Anda merasa energi Anda sudah menipis untuk hal demikian. Solusinya cobalah untuk setidaknya tak terus menerus menguap saat rapat dengan minum teh jahe atau makan permen mint ya.

3. Hang out bersama teman-teman. Bila sebelumnya akhir pekan selalu Anda isi dengan hang out di club, mal, atau kafe bersama ‘genk’ di trimester pertama ini rasanya mustahil untuk Anda bisa melakukannya. Bahkan untuk sekadar bergosip di telepon dengan sahabat hingga larut malam pun sudah sangat jarang bisa dilakukan. Tak apa-apa ya, Mamas to be. Anda tak usah takut kehilangan teman dengan kondisi yang hanya sementara ini. Mereka pasti mau mengerti kok. Begitu all day sickness ini berakhir, Anda masih boleh kok hang out sepulang kantor asalkan tempatnya bebas asap rokok dan maksimal pukul 22.00 Anda sudah istirahat di rumah.

4. Bercinta dengan pasangan. Apa yang terakhir ada dalam pikiran calon mama di trimester pertama? Kebanyakan akan menjawab seks alias bercinta. Boro-boro deh ingin mesra-mesraan dengan suami, yang Anda inginkan cuma tidur di kasur saja kan? Libido Anda memang menurun ketika awal kehamilan tapi jangan terlalu lama ‘cuek’ pada suami ya. Bilang saja bahwa Anda sedang malas bercinta selama beberapa waktu tapi intimasi tetap harus ada dong. Misalnya rutinitas berciuman dan berpelukan sebelum dan bangun tidur yang tetap harus dijalankan.

5. Memasak. Sebagai calon mama baru Anda tentu membaca banyak informasi seputar kehamilan termasuk nutrisi yang diperlukan Anda dan Si Janin. Idealnya, makanan itu dimasak sendiri agar higienitasnya terjamin ya. Tapi mencium aroma beberapa bumbu dapur saja Anda langsung mual dan ingin muntah. Jadi bagaimana mungkin Anda bisa memasak kan? Jalan keluarnya Anda dapat meminta tolong orang rumah ataupun ART memasak untuk Anda. Sebelumnya Anda bisa mencari resep aneka makanan sehat untuk ibu hamil dan biarkan mereka yang berbelanja sekaligus mengolahnya. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares