Health

Makanan untuk Meringankan Back Pain

By  | 

Salah satu masalah fisik yang sering terjadi ketika hamil adalah back pain atau sakit punggung. Hal ini memang bisa membuat Anda jadi kurang nyaman sehingga berpengaruh pada aktivitas sehari-hari. Selain menyangga punggung dengan bantal empuk ketika duduk atau tidur, back pain juga bisa diringankan dengan mengonsumsi makanan tertentu lho, Mams to be. Makanan apa saja ya? Simak daftarnya yuk.

1. Ikan berkandungan omega 3. Tuna, makarel, sardin, dan kod kaya akan vitamin omega 3 yang memang sangat baik untuk Anda dan Si Janin. Ternyata manfaat lainnya bisa untuk mengurangi sakit punggung dan juga peradangan. Anda yang vegan bisa mendapatkan zat asam omega 3 ini dari kacang-kacangan.

2. Teh hijau.
Konsumsi teh hijau hangat yang kaya antioksidan serta meminimalisasi rasa sakit pada bagian punggung atau nyeri sendi.

3. Delima. Buah berbiji merah ini memang dikenal sebagai ‘sahabat’ untuk para calon mama. Selain baik untuk mencegah anemia yang rentan terjadi ketika hamil, delima juga bisa obat yang lezat untuk back pain yang menyebalkan.

4. Anggur merah
. Kaya akan polyphenols yang bisa mengatasi nyeri otot dan nyeri sendi. Buah bercitarasa manis itu juga bisa membantu menguatkan otot tubuh Anda serta mengurangi sakit punggung.

5. Minyak zaitun. Memiliki berbagai nutrisi serta zat anti peradangan yang disebut oleochanthal yang bisa membantu mengatasi back pain. Mulai sekarang, gunakan minyak zaitun untuk mengolah berbagai masakan di rumah Anda ya, Mamas to be.

6. Jahe. Tak hanya bisa membantu mengatasi morning sickness atau mual yang bagi sebagian wanita hamil bisa terjadi hingga trimester terakhir, jahe juga ternyata efektif untuk atasi sakit punggung. Tambahkan jahe dalam teh manis hangat Anda ya.

7. Daun mint. Satu lagi ‘obat’ morning sickness yang juga bisa membantu atasi back pain menganggu ketika hamil. Campurkan sedikit daun mint dalam jus buah atau teh hangat untuk menemani sore Anda. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares