Education

Q & A : Manfaat Bermain Lego

By  | 

Q: Saya memiliki dua anak kembar, perempuan dan laki-laki berusia 2,5 tahun. Saya tertarik untuk membelikan mainan edukasi seperti Lego. Manfaat apa sajakah yang bisa di dapat untuk Si Kembar dari permainan itu?
Tresya, 30 tahun, mama dari Karla dan Mario 2,5 tahun

A: Anda tidak salah membelikan Si Kecil permainan Lego. Balok susun seperti Lego ini memang tidak hanya sebatas mainan yang menyenangkan untuk anak, tetapi juga memiliki banyak manfaat. Antara lain

1. Belajar mengenal warna, ukuran, dan bentuk. Dengan bermain Lego, Si Kecil dapat belajar mengenali perbedaan warna, ukuran, dan bentuk. Terlebih lagi jika balita dikenalkan dengan set Lego seperti Duplo, yang memiliki berbagai macam bentuk. Selain itu, Lego juga dapat digunakan untuk mengajarkan berhitung dasar, dengan cara menghitung jumlah balok.
2. Koordinasi tangan, mata dan motorik. Anak yang memasang satu balok Lego pada balok lainnya akan belajar koordinasi tangan dan mata secara langsung. Bermain Lego secara terus-menerus juga bisa mengasah kemampuan motorik. Jika usia Si Kecil semakin bertambah, Anda bisa belikan lego berukuran lebih kecil.
3. Kemampuan berbahasa. Tentu saja, Lego tidak mengajarkan kemampuan bersosialisasi anak. Namun, jika mereka bermain Lego dengan orang dewasa atau dengan temannya, kemampuan berbahasa anak akan lebih terlatih. Pemasangan balok-balok Lego dapat membantu Si Kecil belajar menggunakan kata depan seperti “Di atas,” “Di bawah,” dan
“Di dalam,” serta kata-kata yang mengekspresikan ukuran dan bentuk. Dengan begitu Si Kecil belajar mendengarkan instruksi dan perintah.
4. Logika dan kemampuan problem solving.
Dengan Lego, Si Kecil belajar mengikuti tahapan-tahapan sesuai lembar instruksi yang tertera pada boks. Atau, ia juga bisa membangun sesuai imajinasinya. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares