Health

6 Alasan Mengapa Calon Mama Harus Makan Brokoli

By  | 

Sedang menantikan kehadiran calon buah hati Anda bersama pasangan, Mams? Entah itu kehamilan pertama, kedua, dan selanjutnya, Anda tetap harus memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, bukan? Nah, salah satu sayuran yang kaya manfaat untuk mendukung kesehatan kehamilan adalah brokoli. Baik dimakan mentah, direbus, atau dikukus, brokoli memiliki kegunaan seperti ini:

1. Mencegah anemia. Brokoli kaya akan zat besi dan asam folat. Hal ini bisa meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah sehingga mencegah Anda mengalami anemia yang cukup banyak terjadi pada wanita hamil.

2. Menguatkan tulang. Risiko seorang wanita mengalami osteoporosis akan lebih tinggi saat ia hamil. Nah, kandungan kalsium, seng, magnesium, serta fosfor yang ada dalam brokoli akan membuat tulang Anda kuat dan sehat. Dengan demikian bisa meminimalisasi kemungkinan Anda mengalami pengeroposan tulang itu, Mamas to be.

3. Melindungi kulit dari sinar ultraviolet
. Para peneliti mengungkapkan brokoli punya zat bernama glucoraphanin dan sulforaphane yanh bisa meminimalisasi kerusakan kulit dari radiasi sinar UV ketika hamil. Brokoli juga sumber vitamin B, vitamin E, vitamin A, vitamin K, asam lemak omega 3, asam amino, dan folat. Bergizi sekali, bukan?

4. Meningkatkan imunitas. Di dalam brokoli terdapat banyak vitamin C, beta karoten, selenium, seng, dan fosfor. Masukkan brokoli dalam menu harian Anda dan bersiaplah mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang lebih baik, yang membuat Anda lebih kebal terkena penyakit.

5. Mencegah risiko kanker. Brokoli mengandung phytochemicals tinggi yang merupakan zat anti kanker. Penelitian membuktikan bahwa rutin makan brokoli sepanjang kehamilan akan melindungi Anda dan bayi Anda dari risiko beberapa jenis kanker seperti kanker kolon, kanker paru-paru, dan kanker payudara sepanjang hidup.

6. Mencegah konstipasi. Masalah ‘klasik’ hampir semua calon mama adalah sulit buang air besar atau konstipasi. Tapi Anda bisa bebas sembelit bila rajin mengonsumsi brokoli nih. Ini karena kadar serat dalam brokoli yang ampuh membantu pergerakan usus sehingga melancarkan pencernaan. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares