Health

Merawat Payudara Saat Hamil

By  | 

Mamas to be, saat hamil tentu saja banyak yang berubah pada tubuh termasuk payudara (baca: Kenali Perubahan Payudara pada Calon Mama). Untuk itu, sebaiknya Anda merawat payudara sejak awal kehamilan hingga menjelang saat kelahiran Si Kecil nanti. Apa saja perawatan payudara yang harus dilakukan, Mamas to be? Yuk simak!

  • Menggunakan bra berbahan soft. Segera setelah dinyatakan hamil, biasanya mamas to be akan segera merasakan perubahan ukuran payudaranya diikuti rasa nyeri dan gatal. Nah untuk mengatasi hal tersebut, hindari penggunaan bra terlalu ketat juga terbuat dari bahan yang tak menyerap keringat. Hal ini akan mengganggu kenyamanan serta memicu rasa gatal. Gunakan bra berbahan katun yang soft dan dingin, beli juga bra yang berukuran lebih besar dari biasanya.
  • Merawat kulit payudara. Membesarnya ukuran payudara juga dapat memicu timbulnya stretchmark, apalagi jika Anda tergoda menggaruknya. Memang agak sulit mencegah timbulnya ruam atau garis pada payudara namun Anda dapat mereduksinya dengan menggunakan minyak pelembap yang aman bagi wanita hamil, misalnya minyak zaitun atau argan.
  • Siapkan breastpad. Beberapa calon mama mengalami keluarnya kolostrum dari payudara saat kehamilannya menginjak trimester tiga. Hal ini menyebabkan payudara kerap terasa basah dan lengkat bahkan bisa jadi terlihat dari luar. Maka dari itu, siapkan saja breast pad sejak kehamilan trimester dua.
  • Siapkan juga bra menyusui. Di trimester akhir, ukuran payudara Anda kian membesar, atasi dengan membeli nursing bra agar tetap terpakai saat Si Kecil lahir nanti. Biasanya nursing bra juga didesain nyaman dan terbuat dari bahan halus. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)


Shares