Style

Q&A : Memilih Diaper Sesuai Usia

By  | 

Q: Saya adalah ibu baru yang ingin bertanya seputar pemakaian diaper atau popok sekali pakai. Anak saya sudah berusia tiga bulan dan sudah mulai menggunakan diaper. Sampai usia berapakah biasanya anak menggunakan diaper?
Anne, 33 tahun, mama dari Gabby, 3 bulan

A : Memang menggunakan popok sekali pakai sangat praktis ya, Mams. Popok sekali pakai yang biasanya tersedia di pasarana adalah dalam jenis waist band (menggunakan perekat di pinggang) dan yang berbentuk celana (pull up diaper). Jika Anda termasuk orang yang khawatir terhadap apa yang dipakai bayi Anda, maka memilih popok yang sesuai dengan usia perlu diperhatikan.

– Usia 0-3 bulan. Pada usia ini bayi memiliki kulit sangat sensitif. Pilih popok berbahan lembut, dan gunakan popok sekali pakai dengan perekat pinggang bukan yang berbentuk celana. Jangan lupa sesuaikan dengan berat badan bayi.
– Usia 4-19 bulan. Pada usia ini, Si Kecil mulai merangkak, berdiri, dan belajar berjalan. Untuk mendukung aktivitasnya, pilih popok sekali pakai yang memiliki pH balance agar kulitnya tetap terjaga kelembapannya. Jika Si Kecil sudah mulai berdiri dan berjalan, penggunaan popok berbentuk celana sangat tepat agar tidak mengganggu pergerakannya yang sedang aktif bereksplorasi.
-Usia lebih dari 20 bulan. Pada usia 20 bulan, anak semakin aktif. Pilihkah popok berbentuk celana dengan tingkat kenyamanan maksimal. Pada usia ini, Anda sudah mulai mengajarkan toilet training agar ia bisa lepas dari penggunaan diaper.

Untuk mencegah kulit Si Kecil terkena iritasi, ganti popok secara rutin setiap tiga atau empat jam atau jika popok sudah cukup basah. Meskipun banyak produk mengklaim popoknya dapat dipakai hingga 8-10 jam, namun jika popok sudah cukup basah tidak diganti dan dibiarkan bersentuhan langsung dengan kulit dapat menimbulkan iritasi.

Jika kulit bayi Anda mengalami iritasi, kemungkinan besar kulitnya sensitif. Anda bisa mencegah dan mengobatinya dengan krim khusus untuk ruam kulit. Pilih krim dengan tingkat kelembutan maksimal, hipoalergenic, bebas parfum dan alkohol, memiliki pH netral, dan tentunya aman digunakan sehari-hari.(Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares