Health

6 Makanan untuk Penderita Hipotensi

By  | 

Banyak orang berpikir bahwa penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah yang berbahaya adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Padahal hipotensi atau tekanan darah rendah juga wajib diperhatikan lho, Mamas. Biasanya jika tekanan Anda kurang dari normal atau sekitar 90/60 maka Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan tertentu yang dapat menstabilkan kembali tekanan darah Anda. Berikut daftar makanannya.

1. Kacang-kacangan. Termasuk di dalamnya kacang panjang, buncis, kacang merah, kacang hijau, dan kacang polong. Penelitian yang pernah dilakukan di Harvard Heart Letter merekomendasikan Anda yang hipotensi untuk rajin makan kacang-kacangan, karena dapat meningkatkan tekanan darah. Kacang-kacangan dapat dicerna secara perlahan oleh sistem pencernaan. Hal inilah yang dapat membuat tekanan darah naik.

2. Wortel.
Anda bisa mengonsumsinya dengan cara dijus dengan campuran madu untuk rasa yang lebih lezat. Bila Anda rutin mengonsumsi jus wortel ini maka tekanan darah Anda akan meningkat.

3. Daging ayam.
 Mengandung protein hewani yang bisa meningkatkan tekanan darah. Hal ini karena tubuh perlu protein untuk membangun sel, termasuk sel dalam pembuluh darah. Pembuluh darah yang lemah akan memengaruhi aliran dan tekanan darah ke seluruh tubuh.

4. Gandum utuh. Memiliki kandungan zat besi yang dapat mengurangi risiko Anda alami tekanan darah rendah. Serelia ini bisa ditemukan dalam roti, havermut, atau sereal.

5. Bit. Buah satu ini cukup populer untuk membantu menurunkan tekanan darah rendah, tapi ternyata juga bisa meningkatkan tekanan darah rendah. Sama seperti wortel, buah berwarna ungu ini enak dijadikan jus.

6. Garam. Jika Anda yang hipertensi dianjurkan untuk diet garam, maka Anda yang hipotensi justru disarankan untuk menambah asupan sodium yang bisa meningkatkan tensi darah. Tapi jangan terlalu banyak juga sih, Mams. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares