Education

Tip Ajarkan Makna Natal pada Si Kecil

By  | 

Hari raya Natal bukan sekedar dekorasi cantik, hidangan lezat serta pakaian yang bagus dan kado Natal yang beraneka ragam. Namun memiliki arti yang lebih mendalam yakni hari kelahiran Tuhan Yesus. Oleh karena itu ada baiknya di perayaan hari Natal ini Anda juga menyelipkan makna Natal bagi Si Kecil dengan cara berikut.

  • Membacakan kisah hari Natal. Belilah buku mengenai kisah hari Natal dan baca bersama keluarga. Pilih kisah yang betul-betul menceritakan kisah kelahiran Yesus daripada cerita seputar Sinterklas. Hal ini akan memberi gambaran pada Si Kecil mengenai makna Natal. Atau Anda juga dapat membeli film tentang kelahiran Yesus misalnya film
    animasi berjudul The Life of Jesus Christ.
  • Ajak ia untuk berbagi di hari Natal. Menjelang perayaan hari Natal ada baiknya Anda mengajak Si Kecil untuk berbagi misalnya minta ia untuk memilih hadiah Natal bagi keluarga juga anak yang kurang mampu yang tinggal di panti asuhan. Dan biarkan ia yang memberikan langsung pada yang bersangkutan.
  • Ajak anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan gereja. Apalagi jika gereja Anda aktif memiliki acara misalnya drama Natal atau paduan suara anak-anak. Minta Si Kecil untuk berpartisipasi di dalamnya meskipun hanya peran kecil. Mengikuti drama tentang lahirnya Yesus atau menghayati lagi rohani akan membuat Si Kecil lebih memahami arti Natal yang sesungguhnya serta semakin tertarik untuk mendalami agama. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares