Sex

Q&A: Menyiapkan Diri untuk Seks Paska Persalinan

By  | 

Q: Satu minggu lagi, masa nifas saya berakhir. Pasangan juga sudah tak ‘sabar’ untuk bisa memulai lagi hubungan intim kami. Tapi, terus terang saya sangat takut mengingat rasa nyeri di perut paska melahirkan Caesar masih kerap terasa. Belum lagi rasa grogi karena sudah cukup lama kami tidak bercinta mengingat kehamilan saya dulu cukup bermasalah, sehingga suami jadi takut ‘menyentuh’ saya. Kalau dihitung-hitung mungkin saya ‘vakum’ bercinta selama tiga bulan. Apa yang harus kami berdua lakukan untuk memulai kembali rutinitas seks ini?
Early, 30 tahun, mama dari Rajata, 1 bulan

A: Menurut Dr. Gabrielle Morrissey, seorang pakar sex and relationship dari Australia, kekhawatiran dan ketakutan yang Anda rasakan merupakan hal normal. Bagi Anda, seks paska persalinan ini bisa merupakan ‘momok’ yang membuat Anda ‘parno’. Kuncinya adalah Anda memang harus siap secara fisik dan mental untuk memulai kembali hubungan seksual dengan pasangan. Memang, seks yang akan Anda rasakan nanti pasti tidak akan sama dengan sebelum Anda melahirkan. Seks juga mungkin akan ada dalam prioritas terakhir yang Anda inginkan karena memang hasrat seksual atau libido Anda yang menurun.

Selain itu, orgasme yang Anda rasakan juga tak akan ‘semudah’ sebelum Anda melahirkan. Bila dahulu Anda bisa mencapai puncak kenikmatan ‘hanya’ dalam waktu sekian menit, kini mungkin dibutuhkan usaha lebih dari pasangan untuk menstimulasi Anda agar mencapai orgasme. Oleh karena itu, katakan terus terang pada suami apa yang Anda rasakan. Minta ia untuk bisa merangsang Anda secara perlahan dan dengan selembut mungkin. Untuk posisi seks pertama paska persalinan, sebaiknya pilih yang paling ‘standar’ seperti missionary namun jangan biarkan pasangan terlalu menekan perut Anda, apalagi sampai mengenai tanda bekas operasi Caesar Anda.

Satu hal yang juga bisa memengaruhi adalah, tetaplah percaya diri meskipun bentuk tubuh Anda bertambah gemuk. Jika Anda merasa rendah diri, hal ini juga bisa membuat Anda jadi sulit fokus sehingga sulit mencapai orgasme. Tak perlu risau melihat lipatan lemak yang mungkin Anda di perut, paha, ataupun bokong Anda. Percayalah, justru hal ini membuat Anda semakin seksi di mata suami. Ketika Anda sudah relaks, maka Anda akan bisa lebih menikmati hubungan seksual ini. Oh ya, pastikan sebelum ‘permainan cinta’ ini dimulai, Si Bayi sudah betul-betul kenyang dan tertidur pulas sehingga Anda berdua tak akan terganggu dengan suara tangisannya. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

 

Shares