Health

5 Makanan yang Sering Diidamkan Calon Mama

By  | 

Sebagian besar calon mama pasti mengalami masa ngidam alias cravings. Umumnya ngidam ini dirasakan sejak trimester pertama hingga awal trimester kedua kehamilan. Apakah Anda juga tengah mengalami masa ingin makanan tertentu ini, Mams to be? Anda rela menempuh perjalanan cukup jauh hanya untuk mengonsumsi makanan yang Anda idamkan tersebut. Bahkan salah seorang kerabat saya pernah datang khusus ke Bandung dari Jakarta hanya karena ia ingin makan salah satu merek batagor yang terkenal di sana.Sebetulnya ngidam merupakan cara alami tubuh yang seolah memberi tahu bahwa Anda sedang membutuhkan zat gizi tertentu, yang ada dalam makanan tersebut. Meski pun tiap wanita hamil memiliki perbedaan soal makanan yang membuat mereka ngidam, tapi ternyata ada lima jenis makanan yang tersering diidamkan calon mama. Berikut daftarnya.

1. Cokelat. Segala sesuatu yang manis seperti cokelat adalah salah satu jenis makanan yang tidak bisa ditolak para mamas to be. Ini karena cokelat memang bisa membuat suasana hati menjadi senang, khususnya saat mood swings tengah melanda Anda. Sebuah mitos juga mengatakan, jika Anda ngidam makanan manis, itu tandanya calon bayi Anda berjenis kelamin perempuan.

2. Buah segar. Nyatanya, wanita hamil tak selalu ingin makan junk food, lho. Tanpa Anda sadari, alam bawah sadar Anda pasti menginginkan pertumbuhan janin yang sehat di dalam rahim Anda. Oleh karena itu, Anda selalu ingin makan buah segar seperti melon, semangka, jeruk, ataupun pir yang memang lezat dan sehat.

3. Makanan pedas. Kari, gulai, atau beragam jenis makanan berempah yang pedas memang menggugah selera. Apalagi bagi wanita hamil yang sudah melalui masa morning sickness. Tapi ingat ya, Mams, Anda tak boleh makan pedas terlalu banyak agar terhindar dari diare.

4. Keripik kentang. Makanan bercita rasa asin juga sering jadi ‘incaran’ saat calon mama ngidam. Mungkin ini karena tubuh Anda memang tengah kekurangan sodium. Tapi ingat jangan sampai ‘kebablasan’ ya. Sebagai alternatif pengganti keripik kentang, coba konsumsi pop corn yang Anda buat dengan unsalted butter.

5. Makanan buatan ibu. Mulai dari sayur asem, opor ayam, atau hidangan khas Hari Raya adalah beberapa jenis makanan yang membuat calon mama ngidam. Ini memang tidak selalu karena tubuh Anda memerlukannya. Hanya saja, makanan yang biasa disebut comfort food ini memang bisa membuat Anda merasa lebih tenang, karena ada kalanya kehamilan memang bikin Anda senewen ya. Jadi jika tiba-tiba Anda jadi kangen masakan ibu Anda, bisa jadi karena psikologis Anda sedang tak nyaman. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares